Monday, January 22, 2018

10 Trik Memasak yang Wajib Anda Ketahui!

Trik Memasak ini Penting untuk Diketahui!

Anda hobi memasak? Jika ya, apakah Anda sudah tahu beberapa tips dan trik memasak yang akan memudahkan aktivitas Anda di dapur?

trik memasak
sumber: cnnindonesia.com

Nah, berikut ini sejumlah tips dan trik sederhana yang bisa dicoba, terutama untuk Anda yang ingin belajar memasak:

 

1. Memecah telur

Basahi tangan Anda sebelum memecahkan telur. Ini dilakukan agar telur mudah pecah dan kulitnya tidak ikut jatuh ke dalam mangkuk.

2. Melelehkan mentega atau margarine

Biasanya mentega dan margarine disimpan dalam freezer, sehingga Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama menunggu tekstur mentega dan margarine melunak sebelum digunakan. Agar lebih cepat, hangatkan gelas, lalu telungkupkan gelas dengan posisi mentega atau margarine di dalam area mulut gelas.

3. Meletakkan sendok

Sendok umumnya terbuat dari bahan stainless steel. Untuk menjaga rasa masakan tetap sedap, sebaiknya hindari mencelupkan sendok ke dalam panci atau mangkuk, terutama setelah masakan dipanaskan. Letakkan sendok dengan posisi melintang di atas panci atau mangkuk, atau letakkan di atas pegangan panci.

4. Merebus sayuran

Sebelum memasukkan sayuran ke dalam panci, rebuslah air sampai mendidih. Masukkan sayuran ketika air telah mendidih agar nutrisi yang terkandung dalam sayuran tetap terjaga.

5. Mengupas dengan rapi

Kalau Anda tidak mau repot membersihkan dapur setelah memasak, gunakan baskom atau mangkuk plastik yang cukup lebar sebagai alas talenan saat mengupas atau mengiris. Kulit hasil kupasan yang tidak terpakai akan langsung tersingkir ke dalam baskom sehingga counter atau meja dapur Anda tetap bersih.

6. Mengupas bawang

Sebaiknya kupas bawang (putih, merah, bombai) pada saat Anda akan segera menggunakannya. Hindari atau stop kebiasaan mengupas banyak bawang lalu menyimpannya dengan tujuan mempercepat persiapan memasak di masa datang. Ini karena bawang akan lebih cepat busuk, pucat, dan kehilangan nutrisinya jika disimpan dalam keadaan terkupas.

7. Memisahkan biji cabai

Agar biji cabai cepat rontok dan tidak ada sisa yang menempel di dinding bagian dalam, gulung-gulung cabai dalam posisi berdiri dengan kedua telapak tangan Anda. Setelah itu, belah cabai, dan pisahkan biji-biji cabai yang telah terkumpul terpisah dari dinding dalam kulitnya.

8. Memeras jeruk atau lemon

Selain dengan tangan, Anda bisa menggunakan penjepit makanan (tongs) untuk memeras jeruk atau lemon. Trik ini juga bisa diterapkan untuk membuat juice namun Anda tidak memiliki blender atau tak bisa menggunakannya saat listrik padam.

9. Merendam kentang

Agar warna kentang tidak menghitam setelah diiris, rendam irisan kentang di dalam air matang (tidak panas dan tidak terlalu dingin) sebelum memasaknya. Jika Anda membeli kentang yang sudah terkupas, pastikan Anda tetap mengupasnya terlebih dahulu sebelum diiris, baru kemudian dicuci dan direndam.

10. Mencicip dengan tangan

Sebaiknya Anda tidak menggunakan sendok saat mencicipi masakan. Cicipi dengan cara meneteskan sedikit masakan di atas telapak tangan.

Selamat mencoba!