Wednesday, December 13, 2017

5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil untuk Ibu!

Siapa Bilang Ibu Rumah Tangga Tidak Bisa Punya Penghasilan Sendiri? Ini 5 Ide Peluang Usaha Modal Kecil untuk Para Ibu di Rumah!

Berumah tangga semestinya tidak menjadi halangan bagi wanita untuk berkarier. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti anda tidak bisa memiliki penghasilan sendiri. Untuk menambah pendapatan keluarga atau sekadar untuk menyenangkan diri sendiri tanpa harus meminta lagi kepada suami, ibu rumah tangga harus cukup jeli membaca peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan di rumah tanpa mengabaikan kewajiban sebagai istri dan ibu. Nyatanya, sudah cukup banyak ibu rumah tangga yang mampu membuktikan kesuksesan bisnisnya yang dikerjakan dari rumah, tentu saja dengan restu serta dukungan suami dan keluarga.

peluang usaha modal kecil
sumber: tribunnews.com

Peluang usaha modal kecil apa saja yang menghasilkan keuntungan sekaligus bisa dilakukan di rumah? Berikut ini 5 pilihan peluang usaha modal kecil untuk ibu rumah tangga:

1. Jasa les atau kursus

Ilmu akademis anda akan selalu bermanfaat meski anda telah menyandang status sebagai ibu rumah tangga. Tawarkan jasa les pelajaran sekolah sesuai bidang yang anda kuasai untuk anak-anak di sekitar tempat anda tinggal, cukup dengan modal papan tulis dan spidol. Jadwal dan durasi belajar bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu anda. Atau, membuka kursus menjahit, menyulam, atau memasak, jika anda menguasai ketrampilan tersebut dengan baik.

Baca juga: 7 Fakta tentang Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

2. Usaha kuliner dan catering

Yang banyak dipilih ibu rumah tangga sebagai peluang usaha modal kecil rumahan umumnya adalah bisnis makanan. Salah satunya dengan membuka usaha catering, misalnya, catering harian untuk karyawan, catering nasi kotak, atau catering pesta ulang tahun. Tak perlu memikirkan modal besar, karena untuk catering acara-acara besar seperti catering pernikahan, anda bisa menyewa perlengkapan catering. Selain itu, anda juga bisa membuka depot makanan di rumah dengan menjual masakan harian.

3. Paket ulang tahun atau souvenir

Untuk anda yang kreatif dan telaten membuat kerajinan tangan, jasa paket ulang tahun atau souvenir pernikahan bisa menjadi peluang usaha modal kecil yang menjanjikan penghasilan besar. Anda bisa membuat kerajinan tangan, merangkai bunga, atau menghias sesuatu untuk souvenir pernikahan atau bingkisan seserahan. Sedangkan untuk paket ulang tahun, cukup dengan menyiapkan aneka snack atau makanan ringan, lalu mengemasnya dalam kotak, gelas, atau kemasan menarik lainnya.

Baca Juga: Ini Dia 7 Cara Hasilkan Uang dari Internet

4. Waralaba atau franchise

Peluang usaha modal kecil berikutnya adalah dengan usaha waralaba makanan atau minuman. Meskipun anda kurang pandai memasak, usaha waralaba makanan atau minuman ini bisa dijalankan dengan mudah. Anda akan mendapat paket bahan-bahan dan perlengkapan yang digunakan serta pelatihan singkat tentang cara menjalankan usaha tersebut.

5. Berjualan online

Online shopping atau berbelanja via internet menjadi tren belanja masa kini. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha modal kecil dengan modal koneksi internet ini untuk berjualan pakaian, aksesoris, kosmetik, makanan, perlengkapan rumah tangga, buku, mainan anak, dan lain-lain. Bisnis rumahan ini terbilang mudah dijalankan di sela-sela aktivitas rumah tangga dan waktu luang anda. Cukup dengan menggunakan akun media sosial atau membuat blog dan website untuk toko online anda. Ragam produk untuk toko online bisa anda dapatkan dengan sistem reseller (menjual kembali produk toko lain) atau mempromosikan produk dan jasa anda sendiri, misalnya kerajinan tangan, aksesoris, paket ulang tahun, catering, dan lain-lain.

Apapun pilihan peluang usaha modal kecil yang anda jalankan di rumah, pastikan anda mampu mengatur waktu dan keuangan rumah tangga sebaik mungkin. Diskusikan dan sampaikan baik-baik kepada suami mengenai tujuan anda berbisnis, usaha rumahan yang anda pilih, serta bagaimana anda mengatur waktu.