Wednesday , October 17 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / 5 Manfaat Donor Darah yang Harus Anda Ketahui!

5 Manfaat Donor Darah yang Harus Anda Ketahui!

Ini Dia Manfaat Donor Darah yang Perlu Anda Ketahui!

Pernahkah Anda mendonorkan darah? Benarkah ada manfaat donor darah untuk pendonor? Tahukah Anda bahwa donor darah bukan hanya membawa manfaat untuk orang lain yang membutuhkan darah?

manfaat donor darah
sumber: fimela.com

Tidak perlu takut kehilangan darah, karena donor darah juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Apa saja ya manfaat yang didapat pendonor dari donor darah?

1. Mengontrol kesehatan

Sebelum melakukan donor darah, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan pendonor tidak membawa penyakit yang bisa ditularkan kepada penerima darah. Melalui pemeriksaan seperti tekanan darah, kadar hemoglobin, frekuensi nadi, serta analisis darah, Anda juga bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

2. Membentuk sel-sel darah merah baru

Volume darah yang telah didonorkan akan otomatis digantikan dengan sel-sel darah merah yang baru dalam waktu 48 jam sampai delapan minggu setelah donor. Dengan sel-sel darah merah yang baru ini, tubuh dan tekanan darah akan terjaga kesehatannya sekaligus mengurangi resiko naiknya tekanan darah. Suplemen penambah darah yang diberikan setelah mendonor juga penting dikonsumsi untuk membantu proses penambahan darah.

3. Membakar kalori

Donor darah merupakan salah satu metode diet yang sehat. Menurut sejumlah pakar kesehatan, dengan mendonorkan 500ml darah, sekitar 650 kalori dalam tubuh akan terbakar.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker

Jika Anda mendonorkan darah secara rutin (3 bulan untuk pria, 4 bulan untuk wanita), kadar zat besi dalam tubuh akan terkontrol. Zat besi yang kadarnya terlalu tinggi berpotensi mempercepat proses oksidasi kolesterol sehingga memicu penyakit kardiovaskular, termasuk kanker paru-paru dan kanker hati.

Seperti yang dikutip liputan6.com, penelitian American Journal of Epidemiology membuktikan bahwa orang yang mendonorkan darah secara rutin memiliki 88% kemungkinan terhindar serangan jantung, dan 33% kemungkinan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Mencegah proses penuaan dini

Proses pembentukan sel-sel darah merah baru secara rutin, membuat kesehatan tubuh dan kulit Anda tetap terawat. Kondisi ini otomatis akan mencegah proses penuaan dini.

Yang penting diperhatikan, beristirahatlah yang cukup (minimal 5 jam tidur malam) dan makan makanan yang sehat sebelum mendonorkan darah.

Nah, tertarik untuk mendonorkan darah?

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

cek kesehatan secara rutin

Ini Pentingnya Cek Kesehatan Secara Rutin!

Mengapa Cek Kesehatan Secara Rutin itu Penting? Dalam setahun, berapa kali Anda pergi ke dokter, …