Wednesday, April 25, 2018

7 Hal Ini Wajib Anda Lakukan Sebelum Menikah

Sebelum Menikah, Pastikan Anda Sudah Melakukan 7 Hal Ini!

Di usia berapa Anda ingin menikah? 25? 28? Atau 30-an? Lalu, apa yang akan Anda lakukan untuk hidup Anda (pribadi) setelah menikah? Anda pasti tahu konsekuensi yang harus dihadapi ketika Anda memutuskan untuk melepas masa lajang. Nah, sebelum menyesal karena belum melakukan banyak hal ketika masih sendiri, mari simak tujuh hal yang wajib Anda lakukan sebelum menikah berikut ini.

sebelum menikah
sumber: happywoman.com

1. Berpetualang

Apakah Anda sudah berpetualang kemana pun yang Anda suka bersama teman-teman? Belum? Travel now! Selama Anda masih menjadi perempuan yang bebas alias belum terikat oleh aturan rumah tangga dan status istri (meskipun calon suami Anda seorang petualang), segera rencanakan liburan bersama sahabat Anda dan cobalah banyak aktivitas atau hal baru (yang positif) yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Baca juga: Cinta itu… (Benarkah Anda sedang Jatuh Cinta?)

2. DIY (Do It Yourself)

Anda masih tinggal bersama orang tua? Kali ini, cobalah untuk tinggal sendiri (atau setidaknya bersama teman), di kos atau rumah kontrakan. Ini untuk melatih Anda hidup lebih mandiri, mampu merawat diri, mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri, belajar memasak, sekaligus menguji keberanian Anda menghadapi berbagai masalah sendiri. Dan tentunya, dengan tinggal sendiri, Anda akan memiliki kebebasan dan kemerdekaan lebih (asalkan bertanggung jawab).

3. Lanjutkan studi

Kalau Anda ingin melanjutkan studi atau mengikuti program beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri, sebaiknya lakukan sebelum Anda menikah. Bukan berarti Anda tidak bisa kembali belajar setelah menikah, namun seringkali Anda akan dihadapkan pada banyak pertimbangan untuk lebih mengutamakan urusan rumah tangga dan keluarga.

4. Kembangkan hobi

Nah, selagi masih punya banyak waktu untuk menyenangkan diri sendiri sebelum mengurus suami dan anak, lakukan apa yang ingin Anda lakukan dengan hobi dan minat Anda. Misalnya, dengan mengikuti beragam kompetisi, seminar, atau mencoba mengembangkan hobi dengan berbisnis kecil-kecilan. Puaskan hati dengan memetik hasil dari hobi yang Anda punya.

Baca juga: Cinta Terhalang Restu Orang Tua? Ini Solusinya!

5. Kejar pekerjaan impian

Kalau pekerjaan Anda saat ini belum sesuai dengan harapan, kenapa tidak mencoba keluar dari zona nyaman dan mencari pekerjaan yang Anda impikan? Setelah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan impian Anda, kembangkan karir Anda di bidang tersebut. Raih pengalaman bekerja sebanyak-banyaknya sebelum Anda disibukkan oleh urusan rumah tangga.

6. Buat jurnal

Siapa bilang menulis buku harian sudah jadul? Well, kalau Anda tidak suka, ganti dengan menulis blog. Yang penting, buatlah jurnal pribadi tentang apapun yang sudah dijalani dalam hidup Anda. Sertakan foto-foto jika Anda suka, dan tulis banyak hal positif tentang kehidupan Anda. Berdamailah dengan masa lalu dan belajarlah untuk membahagiakan diri sendiri.

7. Investasi

Terakhir, jangan lupa untuk menabung dan atau berinvestasi untuk masa depan Anda. Membeli kendaraan atau rumah pribadi, kenapa tidak?