Saturday, February 24, 2018

Agar ASIP Awet, Berikut Panduan Pengaturannya!

Tips Agar ASIP Awet!

Terus memberikan suplai ASI hingga si kecil mencapai usia 2 tahun tentu bukan hal yang mudah dilakukan bagi para working Moms. Karena Bunda tidak selalu dapat bersama si kecil, memerah ASI dan menyimpannya di kulkas kerap kali menjadi pilihan terbaik. Tetapi, bagaimana caranya agar kualitas, rasa, aroma, dan kandungan gizi ASIP tidak berubah?
Berikut ini panduan manajemen ASIP agar asip awet yang patut disimak dan dipraktekkan!

agar asip awet
sumber: blogspot.com

1. Prinsip dasar manajemen ASIP

ASIP akan dapat bertahan lebih lama jika suhu penyimpanan semakin dingin. Karena itu jika ingin digunakan dalam jangka waktu lebih dari seminggu, bekukan di freezer. Namun ingat, ASIP hanya bisa menjalani satu kali pembekuan, pencairan, dan penghangatan. Hindarkan ASIP dari perubahan suhu drastis. Sebelum masuk freezer, letakkan ASIP dalam chiller terlebih dahulu selama 12 jam. Simpan ASIP pada bagian paling belakang kulkas agar terhindar dari fluktuasi suhu.

Baca Juga: ASIP: Sukses Menyusui bagi Ibu Bekerka, Kenapa Tidak?

2. Media penyimpanan ASIP

Sampai saat ini botol kaca dengan tutup karet merupakan media penyimpanan ASIP yang paling baik karena sisa ASIP cenderung tidak menempel pada botol kaca. Selain botol kaca, botol plastik yang food grade dan bebas BPA juga dapat digunakan. Tentu saja, sebelum digunakan botol harus sudah dicuci bersih dengan sabun, dibilas, direbus, dan dikeringkan. Hindarkan mengisi botol sampai penuh karena ASIP akan memuai. Usahakan juga untuk memilih botol dengan takaran satu kali minum yaitu sekitar 60-120 ml agar ASIP langsung habis.

3. Daya tahan ASIP

ASIP yang disimpan dalam kulkas (0-4 derajat celcius) dapat bertahan selama 3-8 hari. Bila disimpan dalam freezer kulkas 1 pintu akan bertahan selama 2 minggu. Lebih lama lagi, ASIP yang disimpan dalam freezer kulkas 2 pintu dapat bertahan selama 3-4 bulan. Sedangkan dalam cooler bag bersuhu 15 derajat celcius ASIP matang dapat bertahan selama 24 jam. Dalam suhu ruangan ber AC (19-22 derajat celcius) ASIP dapat bertahan selama 10 jam. Sedangkan, dalam suhu ruangan (25 derajat celcius) ASIP dapat bertahan 4 jam saja.

4. Mencairkan dan menghangatkan ASIP

Sebagaimana prinsip dasar ASIP yang tidak boleh mendapatkan suhu ekstrim, untuk mencairkan ASIP beku sebaiknya turunkan dulu ASIP dari freezer ke chiller selama 12 jam. Jika perlu waktu lebih cepat, Bunda dapat mengaliri botol ASIP beku dengan air hangat. Bila sudah mencair ASIP tidak dapat dibekukan lagi dan hanya bisa bertahan 4 jam dalam kulkas. Ingat ASIP ini harus segera dikonsumsi maksimal 24 jam.

Baca juga: ASI Perah Sedikit? Yuk Mengenal Teknik Power Pumping

5. Prinsip First in First Out (FIFO)

ASIP yang telah paling lama disimpan harus disajikan lebih dulu. Karena itu, Bunda perlu menuliskan tanggal pemerahan agar botol ASIP lama dan baru tidak tertukar. Prinsip FIFO dilakukan karena adanya hierarki kualitas ASI. ASI paling ideal adalah yang didapat dari menyusu langsung. Di bawahnya ada ASIP segar, ASIP yang disimpan di chiller, dan terakhir ASIP beku di freezer.

Nah, Bunda sejatinya tidak perlu menyetok ASIP terlalu banyak. Simpanlah ASIP secukupnya sesuai dengan kebutuhan minum bayi. Salam ASI Bunda!