Wednesday , November 21 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Sayangilah Magic Com Anda: Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Sayangilah Magic Com Anda: Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Lakukan ini Agar Nasi Tidak Cepat Basi!

Siapa yang tak kenal dengan magic com alias penanak dan penghangat nasi elektronik? Anda mungkin salah satu dari sekian pengguna magic com yang bertanya-tanya, “kok nasinya cepat basi?”. Coba ingat-ingat, apakah Anda sudah memperlakukan magic com dengan benar?

agar nasi di magic com tidak basi
sumber: femina.co.id

Nah agar nasi tidak cepat basi dan magic com tidak cepat rusak, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Bukan untuk mencuci beras

Fungsi wadah bagian dalam magic com yang mengandung lapisan anti lengket adalah untuk menanak nasi, bukan untuk mencuci beras. Tekstur beras yang kasar bisa merusak lapisan anti lengketnya. Sediakan mangkuk khusus untuk mencuci beras, baru kemudian pindahkan beras yang sudah dicuci serta air bersih ke dalam wadah magic com.

2. Bukan untuk memasak air

Suhu matang nasi berbeda dari suhu matang air. Magic com dirancang akan mati secara otomatis bila nasi dalam wadah sudah mencapai suhu matangnya. Kalau Anda menggunakan alat ini untuk memasak air, magic com tidak akan mati sendiri dan mungkin air dalam wadah akan habis karena menguap.

3. Rendam air panas, cuci dengan spon lembut

Ketika mencuci, jangan gunakan sikat atau spon kawat untuk membersihkan sisa nasi yang menempel di wadah bagian dalam. Buang dulu sisa nasi yang tidak menempel, lalu tuang air panas sebatas butiran nasi yang tertinggal. Diamkan sampai butir-butir nasi luruh sendiri. Kemudian cuci bersih dengan sabun dan spon lembut. Sebelum digunakan kembali, pastikan wadah benar-benar kering.

4. Bagian luar harus dibersihkan

Ambil spon lembut atau lap basah, lalu peras untuk membersihkan bagian luar yang biasanya tertutup karak nasi (termasuk bagian bibirnya yang terkena uap). Eits, jangan lupa cabut dulu aliran listriknya. Bersihkan juga tempat penampung uap airnya setiap kali selesai digunakan.

5. Menghangatkan nasi kurang dari 10 jam

Sebaiknya nasi yang sudah matang tidak terlalu lama didiamkan dalam magic com dengan keadaan menyala. Nasi akan cepat kering dan rasanya berubah. Tutup wadah dengan lap bersih sebelum menutup magic com agar nasi bersih dari uap.

Nah, selamat mencoba.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

cek kesehatan secara rutin

Ini Pentingnya Cek Kesehatan Secara Rutin!

Mengapa Cek Kesehatan Secara Rutin itu Penting? Dalam setahun, berapa kali Anda pergi ke dokter, …