Wednesday, April 25, 2018

Agar Si Kecil Terbiasa Menulis, Berikut Tipsnya!

Tips Agar Si Kecil Terbiasa Menulis

Salah satu tonggak penting yang harus dikuasai seseorang adalah kemampuan menulis. Dengan kemampuan menulis yang baik seseorang dapat dengan mudah mengekspresikan ide-idenya dalam sebuah tulisan sehingga dapat dibaca oleh banyak orang. Sebuah tulisan yang baik tidak saja memiliki kekuatan untuk menggugah dan menggerakkan orang lain, tulisan yang baik bahkan dapat menyebabkan terjadinya perubahan. Maka tak heran bila seorang sastrawan ternama, Pramoedya Ananta Toer menulis,

si kecil terbiasa menulis
sumber: wordpress.com

“orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.”

Meskipun kemampuan menulis ini demikian penting, tidak semua orang menguasai kemampuan ini dengan baik. Menulis, selain karena bakat alam, juga perlu pembiasaan. Karena itu, jika Anda ingin agar si kecil terbiasa menulis yang baik, berikut tips-tips yang patut disimak!

1. Selalu sediakan buku catatan dan alat tulis di tempat-tempat strategis

Anda dapat menyelipkan buku catatan kecil dan alat tulis di dalam tas sekolah, tas main, dan tas belanja si kecil sehingga kemanapun ia pergi akan selalu membawa catatan. Selain buku catatan kecil Anda juga bisa memanfaatkan teknologi seperti Smartphone untuk membuat si kecil tertarik mencatat. Ingat, selain menyediakan buku catatan dan alat tulis, Anda juga harus mendorongnya untuk mulai mencatat apa saja. Ia bisa mencatat daftar belanjaan, deskripsi perjalanan piknik, dan lain sebagainya.

2. Buatlah sebuah jurnal khusus

Selain menyediakan catatan kecil, Anda juga bisa membelikan sebuah buku yang menarik dan cukup tebal sebagai tempat menulis jurnal keseharian. Ia bisa menulis apa saja yang dialaminya, diingatnya, dirasakannya, dan juga diinginkannya. Secara berkala, ia dapat membacakan jurnal tersebut untuk Anda yang dapat Anda beri komentar di bawahnya.

3. Ajaklah si kecil berkirim surat atau email

Berkirim surat atau email panjang mungkin terdengar sedikit bertele-tele dibandingkan teknologi pengirim pesan praktis seperti telepon dan pesan pendek. Namun berkirim surat sejatinya menyimpan keunikan tersendiri, yaitu dapat menampung gaya bahasa seseorang secara lebih menyeluruh. Ajaklah si kecil untuk berikirim surat dengan saudara di luar kota ataupun sahabat pena agar ia terbiasa menulis.

4. Buatlah laporan bacaan atau film yang telah ditonton

Setiap kali si kecil selesai membaca sebuah buku atau menonton film, mintalah ia untuk menuliskannya dalam jurnal khususnya. Ia bisa menceritakan sinopsis buku atau film tersebut dan juga menceritakan pendapatnya tentang buku/film tersebut.

5. Buatlah permainan menulis di ruang keluarga

Anda dapat memulai permainan ini dengan meminta seluruh anggota keluarga untuk menuliskan sebuah topik atau judul seperti “permainan yang kusuka” pada secarik kertas lalu menggulungnya dan memasukkannya pada toples. Setelah semua topik terkumpul, mintalah setiap anggota keluarga mengambil satu topik dan mulai menulis. Setelah selesai, semua dapat membacakan tulisannya secara bergiliran. Permainan yang cukup menarik bukan?