Monday , December 10 2018
Home / Karir / Agar Tetap Disiplin Meski Bekerja Di Rumah

Agar Tetap Disiplin Meski Bekerja Di Rumah

Manajemen Waktu untuk Anda yang Bekerja di Rumah

Bekerja di rumah tampaknya lebih mudah, bebas, dan nyaman dilakukan ya? Anda tak perlu bercapek-capek menghabiskan waktu dan tenaga di jalanan yang padat. Namun ternyata tidak sedikit tantangan yang dihadapi, terutama jika anda sudah berkeluarga.

bekerja di rumah
sumber: blogspot.com

Lalu, bagaimana agar anda tetap bisa fokus dan menunjukkan kinerja yang baik meskipun berkantor di rumah?

1. Tempat yang rapi dan bersih

Meskipun anda bekerja di dalam kamar atau di meja ruang makan, rapikan dan aturlah ruangan atau kubikel anda tersebut sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana bekerja, bukan menimbulkan hasrat untuk bermalas-malasan. Anda juga harus membereskan semuanya sendiri, karena berkantor di rumah berarti anda punya jabatan rangkap: sebagai bos, karyawan, sekaligus office boy.

Sediakan meja, laci, atau rak khusus untuk anda menyimpan semua berkas serta keperluan pekerjaan. Dan pastikan tempat ini cukup terhindar dari jangkauan anak-anak.

2. Jadwal teratur

Sama seperti di kantor yang sesungguhnya, bekerja di rumah pun sebaiknya dilakukan dengan jadwal yang teratur dan disiplin waktu. Memang waktu untuk bekerja di rumah jauh lebih fleksibel, namun anda juga harus memasang rentang waktu tertentu agar bisa berkonsentrasi dan tetap produktif.

Ladies, jam kerja ini bukan berarti harus 8 jam berturut-turut. Anda bisa mengaturnya, seperti tiga jam di pagi hari, tiga jam saat sore, atau dua jam setelah makan malam, sehingga pekerjaan rumah tangga tetap terselesaikan. Informasikan juga pada rekan kerja atau klien tentang jam kerja di rumah ini.

3. Siapkan agenda

Tuliskan detil pekerjaan yang akan anda lakukan untuk beberapa hari atau beberapa minggu ke depan sesuai dengan urutan prioritasnya. Seperti yang dilangsir situs www.lifehack.org, sebaiknya anda mengerjakan hal dengan prioritas tertinggi di waktu anda memiliki energi yang cukup dalam sehari.

4. Pakaian yang rapi

Meskipun anda tidak pergi kemana-mana hari itu, bersiaplah selayaknya anda akan pergi bekerja di luar rumah. Kenakan pakaian yang rapi, meski tak seformal outfit kantor, misalnya jeans dan polo-shirt atau blouse. Jangan lupa riasan minimalisnya, ladies. Anda perlu sedikit totalitas dalam menciptakan suasana kantor di rumah agar terhindar dari kantuk, malas, dan tentu saja untuk tetap menjaga produktivitas anda.

5. Negosiasi

Terkadang anak-anak bisa menjadi godaan terberat ketika anda bekerja di rumah. Nah, anda bisa bernegosiasi dengan anggota keluarga lainnya, atau pengasuh anak, untuk menggantikan peran anda sementara anda bekerja. Beri pengertian pada anak-anak dan suami sehingga mereka tetap merasakan kedekatan dengan anda karena anda berkantor di rumah.

Walaupun bekerja di rumah, anda tetap harus pulang setelah waktu bekerja selesai. Tinggalkan ruang kerja, siapkan agenda untuk hari berikutnya, lalu kembalilah ke tengah-tengah keluarga dan bersantai.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.