Wednesday, April 25, 2018

Anak Anda Mengalami Kesulitan Belajar? Coba Tips Ini!

Tips untuk Anak yang Mengalami Kesulitan Belajar

Pernahkah Anda mengalami ketakutan pada salah satu mata pelajaran di sekolah karena kurang menguasainya? Ketakutan pada salah satu mata pelajaran karena kesulitan menguasai mata pelajaran tersebut merupakan permasalahan yang hampir pernah dialami oleh semua orang, termasuk juga si kecil.

kesulitan belajar
sumber: wordpress.com

Bila si kecil merasa takut pada salah satu mata pelajaran di sekolah mereka tentu akan semakin sukar menguasainya. Sikap antipati pada pelajaran tersebut tentu harus diatasi agar mereka lebih mudah belajar. Berikut beberapa inspirasi tips bila anak Anda mengalami kesulitan belajar.

1. Berilah contoh untuk bersikap pantang menyerah

Saat mendapati anak Anda kesulitan belajar membaca,menulis, ataupun menguasai Matematika, Anda dapat memotivasinya dengan menceritakan pengalaman Anda dulu saat mengalami hal yang sama. Tekankan sikap sungguh-sungguh dan pantang menyerah di sini. Berikan usaha hingga 200% bila mungkin.

2. Tekankan proses belajar dan pemahaman yang baik

Terkadang orang tua terlalu terpaku pada nilai Matematika atau bahasa yang turun. Mereka tidak peduli apakah anak memahami apa yang mereka dapatkan di sekolah. Padahal pemahaman yang baik adalah kunci suksesnya capaian akademis mereka kelak. Untuk itu, Anda perlu menemani mereka saat belajar dan memastikan bahwa mereka menguasai mata pelajaran mereka dengan baik, lepas berapapun nilai yang mereka dapatkan.

3. Simulasikan tes kecil untuk menangkap pemahaman mereka

Mencoba mengajukan beberapa pertanyaan seputar apa yang baru saja mereka pelajari atau memberinya latihan soal untuk dikerjakan akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa jauh anak Anda memahami subjek yang dipelajari. Simulasi latihan soal ini juga membantu mereka untuk lebih siap menghadapi ulangan harian di sekolah.

4. Pastikan anak Anda aktif di kegiatan ekskul

Saat mengalami kesulitan belajar, Anda tidak perlu memaksanya untuk terus belajar. Siapa tahu dia memiliki bakat di luar bidang akademik. Aktif pada salah satu bidang ekstrakurikuler yang diminati akan membangun rasa percaya dirinya yang tentu sangat berguna.

5. Pelihara keakraban dengan anak

Makan bersama-sama di meja makan sambil bertanya hal-hal seputar sekolah akan membuat Anda selalu akrab dengan anak. Semakin akrab dengan anak, maka semakin mudahlah bagi Anda untuk menyampaikan motivasi saat mereka mengalami kesulitan belajar. Anda juga bisa memotivasi mereka dengan menempelkan memo kecil di kotak bekal makan siang mereka atau di dalam kotak pensil mereka.

6. Panggil guru privat atau kirim anak ke bimbingan belajar bila perlu

Bila kesulitan akademis ini melebihi kapasitas Anda, saatnya menyerahkan pada ahlinya. Anda dapat memanggil guru privat atau mengirim anak Anda pada lembaga bimbingan belajar yang terpercaya. Jangan lupa untuk berdiskusi dengannya saat mengambil langkah tersebut.

Nah, tidak ada yang tidak mungkin dikuasai bila Anda dan anak terus berusaha bukan?