Monday, June 18, 2018

Anak Tak Mau Makan Nasi? Ini Gantinya!

Tips Ketika Anak tak Mau Makan Nasi

Anak Anda sedang susah makan? Atau dia tidak mau makan nasi dan hanya memakan lauk dan sayurnya saja? Tidak perlu khawatir ibu. Anda juga tak perlu harus memaksa Anak Anda untuk mau makan nasi karena sumber karbohidrat sebenarnya bukan hanya bisa diperoleh dari nasi. Anda bisa tetap memenuhi sumber karbohidrat putra putri Anda dari makanan lain selain nasi. Berikut beberapa sumber karbohidrat yang bisa Anda sajikan, ketika anak tak mau makan nasi:

ketika anak tak mau makan
sumber: ahlidetok.com

1. Kentang

Jenis umbi-umbian yang satu ini pasti sangat disukai anak-anak, selain aromanya yang harum, ada rasa manis yang umumnya disukai anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa menyajikannya dalam berbagai bentuk dan olahan. Yang paling mudah dan sehat adalah dengan merebusnya. Anda bisa menyajikannya dengan cara menghaluskannya atau dipotong-potong.

Selain bisa disajikan bersama sayuran dan lauk, Anda juga bisa menyajikannya sebagai camilan.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar merah atau ungu bisa sangat mudah Anda temukan di pasar tradisional. Umbi-umbian yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan rasa manis yang akan disukai anak Anda. Anda bisa merebusnya kemudian disajikan. Atau Anda juga bisa menghaluskannya, menambahkannya dengan gula dan menyajikannya dengan kelapa parut sebagai camilan.

3. Jagung Segar

Jagung biasa atau jagung manis. Anda bisa merebus dan menyajikannya, mengolahnya menjadi bubur dengan susu dan santan, atau memasaknya bersama sayuran atau sup.

4. Labu Kuning

Yang satu ini jangan dilupakan. Karbohidrat yang satu ini juga mengandung berbagai macam nutrisi (vitamin A, kalium, beta karotin, dll) yang baik untuk tubuh. Rasanya yang juga manis dan warnanya yang terang akan menjadi makanan yang menarik bagi anak Anda. Anda bisa mengolahnya hanya dengan mengukusnya, bubur, atau pudding dengan bentuk-bentuk yang lucu.

5. Singkong

Dipanggang, dikukus, atau dibakar, umbi yang satu ini juga bisa jadi pilihan makanan pengganti nasi.

Bagaimana ibu, kini Anda sudah tidak khawatir bukan, jangan terpatok memberikan satu jenis makanan pada anak. Beruntunglah kita tinggal di negeri yang kaya ini. Sumber makanan bergizi tak hanya satu, dan bukanlah sebuah anggapan yang benar jika makan berarti nasi.

Berikan yang terbaik untuk putra putri kita dan membuat waktu makan selalu menyenangkan! 🙂