Saturday, February 24, 2018

Anda Sedang Hamil? Ini Dia 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil!

Jika Sedang Hamil, Makanan Sehat untuk Ibu Hamil berikut Bisa Anda Konsumsi!

Untuk anda yang sedang hamil, info ini sayang banget lo untuk dilewatkan. Apalagi kalau masih kehamilan pertama. Bagus banget buat referensi. Yuk, simak makanan apa aja yang baik buat ibu saat mengandung.

1. Karbohidrat

makanan sehat untuk ibu hamil
sumber: blogspot.com

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, karena ini merupakan sumber energi yang utama. Selain dari nasi, Ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari kentang, sereal, oatmeal,dan roti. Bisa juga mengkonsumsi pasta dan jagung sebagai salah satu makanan penyuplai karbohidrat. Kalau ibu hamil nggak suka dengan makanan-makanan tersebut di atas, jangan khawatir, masih bisa kok mendapatkan asupan karbohidrat, yaitu dari beras merah atau biji-bijian utuh.

2. Kalsium

Kebutuhan kalsium ini diperlukam untuk pembentukan tulang yang kuat untuk janin. Anda bisa dengan mudah mendapat asupan kalsium dari susu dan produk olahannya, semisal keju, susu rendah lemak, atau susu kedelai. Jika ibu hamilternyata alergi terhadap susu atau produk olahannya, bisa mengkonsumsi sarden atau jus jeruk sebagai penggantinya.

Baca Juga: Benarkah Anda Hamil? Berikut 9 Tanda Awal Kehamilan

3. Protein

Protein dibutuhkan oleh janin utamanya untuk tumbuh dan berkembang di enam bulan pertama dalam masa kandungan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tinggi protein:
• Daging ayam, tanpa kulit, ambil bagian dada yang rendah lemak dan kolesterol
• Daging sapi, ambil yang masih berwarna merah pekat dan kesat.
• Telur, selain kaya protein, telur juga mengandung kolin dan omega 3 yang penting untuk perkembangan sel otak janin
• Tuna, sama seperti telur tuna juga kaya akan omega 3
• Salmon, selain mengandung omega 3, salmon juga mengandung DHA yang juga penting untuk perkembangan otak janin.
Namun para ibu hamil juga perlu waspada jika mengkonsumsi makanan olahan dari hasil laut, karena bisa juga mengandung merkuri yang tinggi. Nah, zat ini bisa membahayakan janin anda. So, pastikan dulu bahwa seafood yang dikonsumsi bebas diolah dengan baik dan bebas merkuri.

4. Sayur – sayuran dan buah – buahan

Banyak zat yang terkandung didalam sayur dan buah, diantaranya adalah vitamin, mineral dan serat. Ketiga hal tersebut yang membuat bumil perlu memasukkan sayur dan buah dalam daftar makanan yang dikonsumsinya. Berikut beberapa contoh sayur dan buah yang baik dikonsumsi saat hamil:
• Avokad, kaya akan asam folat, vitamin B6, potasium dan serat.
• Brokoli, mengandung asam folat dan kalsium
• Kacang merah, kaya akan zat besi, antioksidan, protein
• Pisang, mengandung potasium dan vitamin B6
• Apel, kaya akan vitamin C dan serat
• Wortel, kaya akan vitamin A

5. Cairan

Selain makanan, jangan lupakan cairan. Cairan memiliki peran yang penting untuk bisa mengantarkan makanan dan nutrisi yang anda konsumsi untuk bisa sampai pada janin dalam kandungan anda. Air mineral merupakan sumber cairan utama yang bisa dengan mudah dikonsumsi oleh ibu hamil. 2,5 liter atau setara denagn 10 gelas sehari adalah porsi yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain air mineral, cairan juga bisa didapatkan dari jus atau susu. Selain itu bisa juga didapat dari buah dengan kadar air yang tinggi.

6. Kudapan

Saat hamil, rasa lapar sering sekali menghampiri. Kudapan, sering menjadi “senjata” utama untuk menunda rasa lapar. Perhatikan kudapan yang anda konsumsi saat hamil. Jangan jajan sembarangan, seperti jajan di pinggir jalan yang tidak terjamin kehigienisannya. Hindari kudapan dengan kadar garam atau gula yang tinggi. Hindari juga makanan ringan dalam kemasan. Salad, roti gandum, jagung atau pisang rebus adalah contoh kudapan sehat saat anda mengandung.

Semoga bermanfaat ya, bumil!

Baca Juga: Info Ibu Hamil: Mitos atau Fakta Ya?