Wednesday, December 13, 2017

Apa Itu Hypnobirthing? (I)

Melahirkan tanpa Rasa Sakit? Ini 3 Hal Mendasar Mengenai Hypnobirthing!

Hypnobirthing: Mengandung dan melahirkan adalah sebuah momentum bersejarah bagi seorang wanita. Terlepas apakah persalinan dilakukan secara normal maupun melalui sesar, melahirkan akan selalu membekas dalam ingatan para ibu hingga waktu yang terbilang lama.

Rasa Sakit, Fakta dan Mitos-Mitos Melahirkan

hypnobirthing
sumber: babycenter com

Terlebih lagi bagi kelahiran pertama, tanpa memiliki pengetahuan dan informasi yang tepat, seorang calon ibu akan dilanda rasa takut dan juga kekhawatiran. Begitu banyak mitos yang beredar dalam masyarakat kita, mitos – mitos tersebut acap kali dapat membuat para calon ibu merasakan kegusaran yang sebenarnya tidak perlu karena mitos tersebut tidak terbukti secara ilmiah. Begitu pula dengan pengalaman bersalin yang mungkin diceritakan dari mulut ke mulut, bahwa melahirkan itu sakitnya melebihi dari apa yang bisa dibayangkan oleh siapapun. Padahal kemajuan teknologi di bidang medis saat ini selalu diusahakan untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan medis sehingga kesejahteraan pada kesehatan masyarakat meningkat.

Membahas tentang masa mengandung hingga melahirkan, masa nifas, hingga menyusui, seorang wanita akan mengalami pasang surut emosi yang dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon dalam tubuhnya. Oleh karena itu, seorang calon ibu perlu menjaga kestabilan emosinya sehingga selama masa mengandung, mereka tidak akan mengalami kendala berarti sehingga menimbulkan dampak dari yang kecil seperti gangguan kesehatan (pusing, darah rendah, anemia, dll.) hingga risiko besar yaitu keguguran. Menjaga kestabilan emosi bukanlah hal yang mudah, terlebih terdorong oleh pergerakan hormon dalam tubuh yang tidak bisa dikendalikan dengan sengaja; seperti menutup mata karena tidak ingin melihat.

Akhir – akhir ini tengah menghangat pembahasan mengenai sebuah metode yang diyakini mampu menjadi jalan keluar bagi para wanita dalam menjaga kestabilan emosi selama masa mengandung hingga persalinan tiba. Tujuannya, agar mereka bisa merasa nyaman dan tenang selama proses persalinan; sehingga mampu meminimalkan rasa sakit. Metode ini disebut Hypnobirthing.

1. Apa itu Hypnobirthing?

Hypnobirthing merupakan sebuah paradigma baru dalam metode persalinan secara alami. Ini merupakan salah satu teknik otohipnosis (menyugesti diri sendiri) dalam menghadapi persiapan melahirkan yang berfungsi membantu calon ibu melalui masa kehamilan sehingga persalinannya bisa berlangsung dengan cara alami, aman, dan tanpa rasa sakit (nyaman, sakit yang minimal).

2. Hypnobirthing dan Relaksasi

Dasar dari Hypnobirthing adalah relaksasi. Metode ini dikembangkan berdasarkan adanya keyakinan bahwa dengan persiapan menyeluruh mulai dari pikiran, perasaan (mental), dan fisik seorang calon ibu saat menjelang persalinan akan dapat melalui pengalaman melahirkan yang aman, tenang, dan memuaskan, jauh dari rasa takut yang menimbulkan ketegangan dan rasa sakit berlebihan.

3. Hypnobirthing dan Persalinan yang Nyaman

Sebelum menikah, mengandung, serta melahirkan, seorang wanita pasti sudah memiliki banyak informasi tentang proses kehamilan dan kelahiran. Semua informasi itu; terlepas setuju atau pun tidak setuju, akan terekam menjadi sebuah fakta alam bawah sadar.

Maka dalam proses kelahiran ini, hypnobirthing bisa menjadi sarana yang tepat untuk memrogram ulang rekaman-rekaman negatif mengenai proses kelahiran yang sudah tertanam lama dalam pikiran bawah sadar calon ibu. Dengan demikian, melalui metode ini, dapat ditanamkan informasi – informasi baru yang memungkinkan para calon ibu untuk bisa melalui masa – masa persalinan dengan tenang, nyaman, dan minim rasa sakit.

Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik mencari tahu menganai hypnobirthing ini? Simak lebih jauh pada artikel berikutnya!

Baca juga: Ingin Sehat Selama Hamil? Hindari Pantangan Hamil Berikut!