Tuesday , August 14 2018
Home / Edukasi / Baru Masuk Kuliah, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Baru Masuk Kuliah, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Persiapan Ketika Baru Masuk Kuliah

Dunia kampus tentu jauh berbeda dengan dunia sekolah putih abu-abu. Bila saat masih berstatus pelajar kita akan terikat dengan disiplin sekolah yang ketat, guru-guru yang serba membimbing dan rajin mengingatkan untuk belajar, kepala sekolah yang rajin mengecek kelas, tukang kebun yang ramah, kantin yang ramai dengan canda tawa, dan juga gerombolan teman sekelas yang sama. Pada saat menjadi mahasiswa, kita akan lebih banyak menemukan individualisme dan kemandirian. Teman sekelas bisa jadi selalu berbeda, dosen hanya akan memberikan tugas dan nilai tanpa banyak terlalu beramah-tamah, rektor bisa jadi tidak akan kita jumpai kecuali dalam pelepasan wisuda, dan sapaan antar teman bisa jadi ala kadarnya.

baru masuk kuliah
sumber: blogspot.com

Untuk yang baru masuk kuliah, menjadi mahasiswa terkadang terdengar sedikit menakutkan bagi yang belum pernah mengalaminya. Tetapi tentu kampus tidak semenakutkan yang kita kira bila kita dapat menikmatinya dengan nyaman sesuai tips berikut.

1. Kenali diri

Mengenali diri artinya mengetahui dengan pasti bakat dan minat yang kita miliki dan ingin kita kembangkan. Dengan demikian kita bisa memilih organisasi atau kelompok yang ingin kita ikuti. Berorganisasi sangat penting untuk menjalin pertemanan dengan minat dan bakat yang sama. Ambil peran penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan mewarnai dunia kampus dengan kegiatan bermanfaat.

2. Jaga kesehatan, kenali potensi tubuh

Kesehatan merupakan aset penting agar kita selalu aktif. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai varian agar gizi terpenuhi dengan baik. Sering-sering berjalan kaki ke kampus dan rajin berolah raga pada saat senggang akan membuat kita selalu fit. Bila kampus memiliki fasilitas olah raga, pergunakan dengan baik. Dan beristirahatlah secara teratur; hindari tidur terlalu malam karena lembur.

3. Kenali Kampus

Berjalan-jalanlah mengenali lingkungan baru, ruang kelas dan gedung-gedung baru agar kita tidak merasa asing. Bacalah peraturan akademik dengan baik. Kenali lingkungan kampus seperti teman-teman, lingkungan asrama, dan berbagai peraturan yang ada. Banyaklah berteman, menebar senyum, dan mengakrabkan diri dengan teman baru. Ikutilah berbagai acara penting dan yang sesuai dengan bakat dan minat. Pasti akan ada pengalaman baru dan teman-teman baru.

4. Kenali berbagai gangguan belajar

Menjadi mahasiswa mengharuskan kita bersikap mandiri. Karena itu kita harus bisa membagi waktu dengan baik dan menghindari berbagai hal yang mengganggu proses belajar. Hidup secara teratur dengan disiplin jadwal akan membantu kita untuk mengerjakan semuanya dengan baik.
Kehidupan kampus adalah satu fase penting dalam perkembangan karir kita di masa depan. Karena itu berteman dengan berbagai kalangan dan memperkaya diri dengan pengalaman adalah hal yang sangat penting!

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

guru super killer

Anak Diajar Guru Super Killer? Ini Solusinya!

Ketika Anak Diajar Guru Super Killer Setiap sekolah pasti memiliki koleksi guru yang dianggap super …