Sunday, January 21, 2018

Begini Cara Memakai Lulur yang Benar!

Tips Memakai Lulur yang Benar!

Luluran atau memakai lulur mandi umumnya dilakukan perempuan untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan bersih. Perawatan dengan lulur ini idealnya dilakukan dua atau tiga kali dalam sebulan, tidak setiap hari. Dikutip dari liputan6.com, menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ratna Komala Dewi, memakai lulur setiap hari atau dalam waktu berdekatan akan membuat jaringan kulit cepat rusak, apalagi bila cara menggunakan lulur tidak benar.

memakai lulur
sumber: blogspot.com

Nah, bagaimana cara memakai lulur mandi yang benar?

1. Pilih lulur sesuai kebutuhan

Saat ini ada banyak varian lulur yang bisa Anda pilih. Pilihlah lulur yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. Lulur scrub umumnya digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sementara lulur masker untuk menutrisi kulit. Tetapi sebaiknya Anda tidak memilih bahan lulur yang terlalu kasar karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Sebelum menggunakan lulur, perhatikan tekstur dan aromanya. Jika tekstur kasarnya berubah encer atau aromanya tidak segar, sebaiknya jangan digunakan.

2. Mandi dengan sabun

Mungkin beberapa perempuan menggunakan lulur sebagai pengganti sabun. Padahal sebelum menggosokkan lulur, Anda sebaiknya mandi dengan sabun antiseptik untuk membersihkan keringat dan kotoran yang menempel di tubuh. Bahan yang terkandung dalam lulur mandi akan lebih mudah terserap oleh pori-pori kulit yang bersih.

Baca juga: Cara Mengatasi Komedo Hitam dan Putih

3. Biarkan tubuh tetap lembab

Setelah mandi, tepuk-tepuk tubuh dengan handuk secara merata. Jaga agar kondisi tubuh tetap lembab, tidak benar-benar kering atau basah.

4. Gosok lulur secara memutar

Cara mengaplikasikan lulur yang benar adalah menggosokkan lulur dengan gerakan memutar secara merata di tubuh agar sel-sel kulit mati lebih mudah terangkat. Untuk melancarkan peredaran darah, pijat-pijat ringan saat menggosokkan lulur.

Pastikan Anda mengoleskan lulur ke semua bagian tubuh terutama lipatan-lipatan seperti ketiak, leher belakang, lipatan lengan, paha, belakang lutut, dan sela-sela jari kaki.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lingkaran Gelap di Bawah Mata

5. Biarkan lulur mengering

Biarkan sampai lulur mengering, lalu bersihkan lulur yang melekat dengan tangan sebelum dibilas.

6. Gunakan pelembab

Karena lulur bersifat cepat kering dan kurang memberi proteksi pada kulit, sebaiknya oleskan pelembab kulit atau body lotion ke seluruh tubuh setelah luluran untuk menjaga kelembaban kulit Anda.