Wednesday, December 13, 2017

Benarkah Kehujanan Bikin Sakit Kepala dan Demam?

Mitos atau Fakta: Kehujanan Bikin Sakit Kepala dan Demam

Ketika musim hujan tiba, jaket, payung, dan jas hujan menjadi barang yang wajib Anda bawa kemana-mana agar tidak kehujanan, bukan? Tapi benarkah kehujanan bikin sakit kepala dan demam? Tentu bisa, kecuali Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

kehujanan bikin sakit kepala dan demam
sumber: blogspot

1. Pakaian basah

Jika pakaian dan sepatu Anda basah, suhu dingin akan menyelimuti tubuh sehingga kekebalan tubuh akan menurun. Yang membuat Anda sakit adalah terlalu lama mengenakan pakaian basah, karena kelembabannya bisa meresap ke dalam paru-paru. Dalam kondisi basah demikian, tubuh Anda lebih rentan terhadap infeksi virus dan jamur. Maka segeralah ganti seluruh pakaian yang melekat pada tubuh setelah kehujanan.

2. Kepala

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, sering nekat menerobos gerimis untuk menyebrang jalan, membeli snack, atau buru-buru naik/turun kendaraan. Nah, ketika air hujan mengenai kepala, terjadilah perbedaan suhu badan: suhu kepala lebih dingin karena hanya bagian kepala yang basah. Inilah yang kemudian menimbulkan pusing dan migrain. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kelembaban dan turunnya tekanan udara menyebabkan orang lebih mudah terserang sakit kepala.

3. Kaki

Kuman akan banyak bersarang di kaki Anda yang menginjak tanah basah, sekalipun Anda memakai sepatu atau bahkan boots. Karena itu kaki harus segera dibersihkan (bukan cuma dikeringkan) setelah kehujanan. Sikat kaki dengan campuran air garam untuk mencegah infeksi dan pertumbuhan jamur.

4. Tangan

Tangan Anda juga bisa jadi sarang kuman karena saat hujan tiba Anda memegang payung, jas hujan, atau menyentuh benda-benda yang basah, terutama bila Anda mengendarai motor. Jika Anda sering menyentuh wajah dengan tangan, maka virus akan berpindah melalui hidung, mata, mulut, dan pori-pori kulit. So, cuci tangan Anda dengan sabun sampai bersih sebelum menyentuh atau mengusap wajah.

5. Mandi

Karena suhu tubuh menjadi dingin ketika kehujanan, maka Anda perlu mengembalikan suhu tubuh ke suhu normalnya. Salah satu caranya adalah dengan segera mandi air hangat. Pastikan Anda membersihkan seluruh bagian dan lipatan tubuh (bisa menggunakan sabun antiseptik), termasuk mencuci rambut yang juga terkena hujan. Kalau berjilbab? Anda tetap harus keramas, karena kain jilbab yang basah menyebabkan rambut lembab, lepek, serta bau. Setelah keramas, keringkan rambut sampai benar-benar kering.

6. Makanan dan minuman

Cara lain untuk mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal setelah membersihkan diri adalah dengan mengkonsumsi makanan/minuman yang hangat (dan tentunya bersih). Sup, teh, atau susu adalah pilihan tepat yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Hindari sembarang membeli makanan/minuman hangat saat hujan, karena yang Anda konsumsi bisa jadi tercemar polusi atau virus.

Jadi, Anda tidak akan mudah terserang demam dan sakit kepala setelah kehujanan jika Anda segera membersihkan diri dan menghangatkan tubuh. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi vitamin dan makanan/minuman bernutrisi ya, agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga.