Sunday , December 16 2018
Home / Ibu dan Anak / ASI & MPASI / Betulkah Jamu dan Daun Katuk Memperlancar ASI?

Betulkah Jamu dan Daun Katuk Memperlancar ASI?

Kenapa Jamu dan Daun Katuk Memperlancar ASI?

Ketika bayi terus menyusu dan rewel, banyak Ibu yang salah mengira bahwa ASI kering dan tidak cukup. Ibu menyusui yang khawatir dengan menyusutnya produksi ASI umumnya akan bertanya sana-sini dan mendapatkan jawaban ASI booster paling efektif yaitu jamu daun katuk.

daun katuk memperlancar asi
sumber: jamuborobudur.com

Ekstrak daun katuk yang ditambah fenugreek saat ini mudah didapatkan dalam bentuk kapsul suplemen dan dalam kandungan susu Ibu menyusui. Sejatinya, benarkah fenugreek, jamu, dan daun katuk memperlancar ASI paling efektif? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Hormon Prolaktin

Hormon satu ini ibarat aktor utama yang berperan penting dalam produksi ASI. Hormon ini bekerja aktif karena hisapan bayi dan pengosongan payudara. Karena itu, semakin sering dikosongkan, prolaktin akan semakin aktif bekerja dan produksi ASI akan semakin berlimpah. Selain dengan hisapan, pengosongan payudara dapat dilakukan dengan memerah. Jadi, tidak betul bila ASI akan habis karena bayi terus-menerus menyusu, justru malah sebaliknya.

2. Hormon Oksitoksin

Hormon oksitoksin berperan penting dalam menjamin kelancaran ASI. Hormon inilah yang memicu let down reflex (LDR). Hormon ini akan timbul jika dipicu oleh rasa senang, tenang, nyaman, dan relax selama periode menyusui. Pendeknya, hormon ini muncul karena sugesti positif dari pikiran Ibu.

Karena itu, untuk mendapatkan rasa senang, tenang, nyaman yang dapat menjadi sugesti positif pikiran, Bunda dapat melakukan berbagai hal yang memberikan kesenangan seperti mengonsumsi makanan dan minuman kesukaan, melakukan aktifitas yang menjadi hobi, bercanda bersama si kecil dan ayahnya, berkumpul bersama sahabat dan keluarga terdekat, berlibur dan rekreasi, selalu berpikir positif, dan beristirahat dengan cukup. Bila Bunda dapat mengelola emosi dengan baik, otomatis produksi ASI akan terjaga baik.

3. Makanan penunjang produksi ASI

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, sejatinya semua makanan dapat menjadi booster ASI yang efektif jika Bunda memang menyukainya. Perlu diketahui bahwa kualitas ASI tidak ditentukan oleh variasi makanan Bunda. Apapun yang dimakan Bunda, kualitas ASI akan selalu baik karena ASI akan mengambil zat-zat penting dan terbaik dalam tubuh Bunda.

Yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang mengandung gizi lengkap agar nutrisi Bunda terjaga dengan baik. Ini penting agar Bunda tidak akan mengalami mal nutrisi karena terus menyusui. Semakin baik gizi Bunda semakin lancar proses menyusui. Bila Bunda mengalami gizi kurang baik, Bunda perlu mengonsumsi suplemen multivitamin untuk meningkatkan kualitas gizi Bunda dan menjaga asupan vitamin dan mineral untuk produksi ASI.

Nah, sekarang Bunda tidak perlu minum jamu pahit untuk kelancaran ASI bukan?

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

agar asip awet

Ingin Menghasilkan ASI Perah Berlimpah? Berikut Tipsnya!

Tips Asi Perah Berlimpah untuk Ibu Menemani bayi tersayang pada masa cuti sehabis melahirkan merupakan …