Saturday, February 24, 2018

Begini Cara Tepat Mencuci Peralatan Makan dan Memasak

Cara Mencuci Peralatan Makan dan Memasak dengan Benar

Kebersihan merupakan pangkal kesehatan. Jika Anda sudah memilih pola makan yang sehat, apakah Anda juga sudah mencuci peralatan makan dan memasak dengan benar? Meskipun sekarang banyak yang menjual alat pencuci piring, sebaiknya Anda tetap mencuci peralatan makan dan masak dengan tangan. Selain memilih sabun pencuci piring yang baik, coba simak tips berikut ini:

cara mencuci peralatan makan dan memasak
sumber: meetdoctor.com

1. Jangan tunda cuci piring

Biasakan langsung mencuci semua alat masak dan makan (terutama yang berminyak) setelah digunakan. Jangan biarkan perangkat makan tergeletak, sembarang ditumpuk, atau terendam dalam waktu lama di wastafel atau bak cuci piring karena akan menimbulkan bau. Gunakan potongan jeruk lemon atau larutan cuka untuk menghilangkan noda-noda membandel.

2. Buang sisa makanan dan minuman

Bersihkan dulu sisa-sisa makanan, tampung dalam kantung atau plastik khusus agar sampahnya tidak menyumbat saluran air pada wastafel.

3. Pisahkan alat masak

Rendam atau siram dengar air panas alat masak yang kotor karena lemak atau minyak. Selagi air panas melunturkan sisa lemak, Anda bisa mencuci alat makan lainnya. Jangan merendam talenan dan peralatan dari kayu dalam air karena akan cepat retak. Cukup bersihkan dengan spon kering, kain lembab, atau minyak sayur. Untuk alat masak berbahan stainless steel, hindari pembersih yang kasar agar tidak tergores.

cara mencuci peralatan makan dan memasak
sumber: infodapur.com

 4. Dahulukan gelas, cangkir, dan sendok-garpu

cara mencuci peralatan makan dan memasak
sumber: okefood.com

Gelas, cangkir, sendok dan garpu berinteraksi langsung dengan mulut kita. Nah, agar terhindar dari sisa minyak atau bumbu pada spon, dahulukan mencuci alat-alat ini. Jika ada sisa kopi dalam cangkir, aromanya bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada piring-piring kotor.

5. Ganti air

Jika Anda mencuci dalam bak, pastikan airnya benar-benar bersih, terutama saat dipakai membilas. Ganti air jika sudah tampak keruh karena bau kotoran akan kembali menempel. Untuk Anda yang mencuci di wastafel, hematlah menggunakan air. Caranya, usap dulu semua peralatan dengan sabun, baru kemudian dibilas dengan air.

cara mencuci peralatan makan dan memasak
sumber: tribunnews.com

6. Bersihkan tempat mencuci

Yang juga tak kalah penting, rajinlah membersihkan bak cuci piring atau wastafel dan wadah penyaring kotorannya agar tidak berjamur. Jangan lupa untuk selalu membuang sabun bekas mencuci dan membersihkan spon selesai dipakai. Bersihkan juga area sekitar kran air supaya terhindar dari bakteri.

7. Keringkan sebelum disimpan

Biasakan mengeringkan peralatan masak dan makan dengan handuk katun tipis. Menyimpan dalam keadaan basah akan memicu tumbuhnya kuman atau bakteri. Beri tisu atau kertas pemisah ketika Anda akan menumpuk gelas. Dan jangan tumpuk gelas dalam keadaan terbalik, karena akan menimbulkan bau dari kelembapan di dalamnya.