Friday , August 17 2018
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / 10 Fakta Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

10 Fakta Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Anda Bermasalah dengan Kulit Kering? Berikut Fakta dan Cara Mengatasinya!

Kulit kering dan bersisik, terutama pada wajah, tangan dan kaki tentunya membuat penampilan menjadi kurang cantik. Untuk mengatasi kulit kering dan melakukan perawatan yang tepat bagi kulit kering, sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa fakta kulit kering berikut ini:

1. Asupan cairan yang tepat bagi kulit kering

kulit kering
sumber: fimalist.com

Konsumsi cairan yang dibutuhkan kulit kering adalah air putih, bukan minuman bersoda, kopi, atau minuman manis lainnya. Minumlah setidaknya 1,5 sampai 2 liter atau 8 sampai 9 gelas air putih setiap hari, bukan minum sebanyak-banyaknya.

2. Paparan sinar matahari dan AC membuat kulit kering

Suhu panas dan suhu dingin atau lembab sama-sama berpotensi mengurangi kadar kelembaban kulit sehingga kulit menjadi lebih cepat kering. Kenakan pakaian berbahan katun jika anda beraktivitas di bawah sinar matahari, agar minyak alami kulit tidak ikut terangkat bersama keringat. Jika anda bekerja di dalam ruangan ber-AC, gunakan pelembab kulit atau lotion secukupnya dan minum air putih sebanyak takaran yang dianjurkan.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Kulit Berminyak yang Wajib Anda Ketahui!

3. Pemakaian lotion atau pelembab kulit setelah mandi

Fakta kulit kering berikutnya, waktu yang tepat untuk mengoleskan lotion atau pelembab kulit adalah setelah mandi. Agar pelembab lebih terserap dan kelembaban kulit terjaga lebih lama, sebaiknya gunakan lotion atau pelembab segera setelah mandi ketika pori-pori kulit masih terbuka.

4. Mandi cepat cukup dua kali sehari

Ternyata terlalu sering dan terlalu lama mandi bisa mengurangi kelembaban kulit sehingga kulit menjadi cepat kering. Pilihlah sabun dan pembersih wajah yang memang khusus untuk jenis kulit kering dan pakai secukupnya.

5. Mengeringkan badan dengan ditepuk-tepuk

Setelah mandi, keringkan badan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk, bukan digosok. Karena mengeringkan badan dengan cara menggosook akan membuat kulit kering dan kelembabannya cepat berkurang.

6. Kualitas tidur mempengaruhi kesehatan kulit

Kulit kering merupakan salah satu tanda bahwa kulit tidak terjaga kesehatannya. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya anda menjaga kualitas tidur anda yaitu 6 sampai 8 jam sehari. Hindari juga memaksakan diri untuk sibuk sampai larut malam karena badan dan kulit anda pun perlu beristirahat.

7. Kosmetik yang tidak mengandung alkohol atau banyak air

Fakta kulit kering selanjutnya, anda sebaiknya memilih produk kecantikan atau kosmetik yang mengandung moisturizer atau pelembab, bukan yang mengandung alkohol atau lebih banyak air. Perhatikan pula cara tepat penggunaannya dan sebaiknya tidak digunakan berlebihan, karena pemakaian produk kecantikan yang kurang tepat bisa membuat kulit kering dan kusam.

8. Nutrisi tepat untuk kulit kering

Memenuhi nutrisi yang tepat untuk kulit juga penting dilakukan agar kulit selalu sehat. Konsumsi makanan, buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin D, vitamin A juga vitamin C, seperti ikan salmon, buah jeruk, mangga, alpukat dan pisang.

9. Mengoleskan madu pada kulit yang kering

Selain mengkonsumsi madu untuk kesehatan dan mengatasi bibir kering, anda juga bisa memanfaatkan madu untuk merawat kulit tangan dan kaki yang kering dan pecah-pecah.

10. Jeruk nipis dan mentimun untuk kulit kering

Fakta kulit kering yang terakhir, perawatan alami dan murah menggunakan jeruk nipis dan mentimun bisa anda lakukan setiap hari. Kupas mentimun dan haluskan dengan blender, lalu oleskan pada kulit yang kering seperti siku atau kaki. Atau, cukup dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian langsung oleskan pada kulit tangan dan kaki yang kering.

Baca Juga: Begini Cara Atasi Kulit Wajah Berminyak tanpa Budget Ekstra!

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

lipstik

Ini 7 Cara agar Warna Lipstik Awet di Bibir!

Tips Lipstik Awet sepanjang Hari Lipstik mungkin menjadi salah satu kosmetik yang harus selalu ada …