Wednesday, April 25, 2018

Fakta Kulit Normal dan Tips Merawat Kulit Normal

Anda Memiliki Kulit Normal? Berikut Fakta Kulit Normal dan Tips Merawatnya!

Kulit normal merupakan jenis kulit yang cara perawatannya terbilang mudah dibandingkan dengan perawatan jenis kulit lainnya. Tidak seperti jenis kulit kering yang terlihat kusam, kulit normal tampak lebih cerah dan berseri. Meski pada keadaan tertentu kulit normal juga berpotensi sedikit berminyak dan kering di beberapa bagian, namun jenis kulit normal ini jarang sekali dihinggapi masalah-masalah kulit seperti jerawat atau iritasi.

kulit normalKulit normal juga memiliki kadar kelembaban yang cukup, pori-pori lebih kecil, dan tekstur kulit yang halus. Jenis kulit normal memang sekilas terkesan sempurna meskipun anda tidak memerlukan perawatan ekstra. Tetapi, kulit normal tetap harus dirawat dan dijaga kesehatannya secara rutin.

Berikut ini sejumlah fakta kulit normal serta tips merawat kulit normal yang wajib anda ketahui:

1. Hindari penggunaan scrub atau sikat pembersih kulit

Penggunaan scrub atau sikat pembersih kulit yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sebaiknya dihindari karena berpotensi merusak kulit.

2. Rajin membersihkan wajah

Selalu bersihkan wajah dari debu atau sisa kosmetik setelah beraktivitas dan sebelum mandi. Gunakan sabun mandi dan sabun pembersih muka yang ringan. Pastikan telapak tangan anda dalam keadaan bersih ketika membasuh wajah sehingga kotoran di tangan tidak berpindah ke kulit wajah.

3. Bersihkan wajah setelah beraktivitas

Fakta kulit normal berikutnya adalah tentang waktu yang tepat untuk membersihkan wajah. Ternyata, membersihkan wajah sekali sehari atau malah terlalu sering akan menimbulkan masalah kulit, terutama bagi kulit wajah normal. Malas membersihkan wajah tentunya membuat kotoran dan sel kulit mati menumpuk, sehingga wajah mudah berjerawat dan terlihat kusam. Sedangkan mencuci wajah terlalu sering berpotensi membuat kulit wajah kering atau bahkan berminyak.

4. Pilih produk kecantikan yang ringan

Fakta kulit normal yang membuatnya terlihat sempurna adalah sangat mudah beradaptasi dengan kosmetik jenis apapun: bedak serbuk atau compact powder, alis dengan dan tanpa shimmer, blush on dan eye shadow pasta atau powder, semuanya cocok. Namun meski kulit normal cenderung jarang bermasalah, anda tetap harus memperhatikan jenis atau kandungan bahan produk kecantikan yang digunakan. Pilihlah pelembab wajah yang ringan, memiliki kelembaban seimbang, dan mengandung antioksidan. Untuk pembersih wajah, anda sebaiknya memilih pembersih yang mengandung air karena lebih lembut untuk kulit wajah.

5. Hapus make up sebelum mencuci wajah

Agar sisa-sisa make up terangkat sempurna dari wajah dan tidak menyumbat pori-pori kulit wajah, sebaiknya bersihkan dulu riasan make up dengan make up removal atau pembersih make up. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan kosmetik dari wajah. Setelah itu, baru bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka.

6. Gerakan memutar saat membersihkan wajah

Faktanya kulit normal juga membutuhkan perawatan yang tepat agar kesehatannya tetap terjaga. Salah satu cara sederhana merawat kulit normal yang bisa anda lakukan sendiri adalah dengan melakukan gerakan tangan memutar ketika membersihkan wajah: dari tengah wajah, ke atas, samping, lalu ke bawah. Selain untuk relaksasi, gerakan ini juga untuk mengangkat keluar kotoran-kotoran di pori-pori kulit wajah.

7. Lakukan kebiasaan baik dan gaya hidup sehat

Tentunya kesehatan kulit juga didukung oleh seberapa sehat gaya hidup anda: konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan segar yang bermanfaat untuk kulit dan kaya antioksidan, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, serta waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi badan dan kulit tetap sehat dan bugar.

Baca juga: 10 Fakta Kulit Kering dan Cara Mengatasinya!