Saturday, May 26, 2018

Fakta Seputar Kuku: Tak Kenal, Tak Sayang, Maka Tak Sehat

Beberapa Fakta Seputar Kuku

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tampak sepele namun penting dijaga kesehatannya. Nah, berikut fakta-fakta seputar kuku tangan dan kaki, juga seputar kesehatan kuku yang perlu Anda ketahui:

fakta seputar kuku
kalukku.com

1. Pertumbuhan kuku

Umumnya kuku tumbuh sekitar 3-5 mm sebulan. Kuku pria lebih cepat panjang daripada kuku wanita, namun ketika hamil, kuku wanita cenderung lebih cepat panjang. Dari semua kuku tangan, kuku ibu jari yang paling lambat pertumbuhannya, sementara kuku jari tengah tumbuh lebih cepat. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi tangan Anda yang dominan. Jika Anda kidal, maka kuku jari tangan kiri akan lebih cepat tumbuh dibanding yang kanan.

2. Kuku tangan VS kuku kaki

Anda sering kesulitan memotong kuku kaki? Itu karena ketebalan kuku kaki hampir dua kali kuku tangan. Namun Anda akan lebih sering memotong kuku tangan karena pertumbuhannya 3-4 kali lebih cepat dari kuku kaki. Tak ada hubungannya dengan mitos seputar kuku, karena bisa dijelaskan secara ilmiah.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Bau Kaki dan Sepatu Tak Sedap!

3. Pengaruh iklim

Kuku akan tumbuh lebih cepat pada iklim yang hangat atau musim panas. Pada cuaca yang dingin, kuku cenderung lambat tumbuh.

4. Kuku VS kutikula

Lempengan kuku merupakan sel mati dan tidak membutuhkan oksigen. Namun kutikula dan daging di bawah kuku Anda membutuhkan oksigen untuk tetap hidup. Hindari memotong atau mencabut kutikula dengan paksa karena akan menimbulkan infeksi. Sebaiknya potong seusai mandi.

5. Warna kuku sebagai penanda kesehatan

Waspadalah jika kuku Anda berwarna pucat, itu merupakan pertanda anemia. Dan jika terdapat garis-garis vertikal gelap pada kuku, ini merupakan indikasi melanoma. Bintik putih pada kuku menunjukkan kurangnya kalsium di tubuh Anda. Jangan memakai kuku palsu atau cat kuku untuk menutupi masalah kesehatan tersebut karena akan memperparah kerusakan kuku.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Atasi Kaki Kering dan Pecah-Pecah

6. Memotong kuku

Jaga agar kuku tangan dan kaki Anda tetap pendek untuk menghindari penumpukan kotoran dan bakteri. Namun hindari memotongnya terlalu pendek karena akan menyebabkan iritasi. Cara memotong kuku yang benar adalah dengan memotong kuku kaki secara lurus, bukan melengkung sesuai bentuk jari. Sebaiknya rendam kuku tangan dan kaki dengan air hangat selama 10 menit sebelum dipotong. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran kuku meskipun kuku belum panjang. Gunakan alat pembersih yang terdapat pada pemotong kuku (bukan alat lain yang tajam).

7. Kuku kering dan rapuh

Kutikula yang mudah mengelupas adalah ciri kuku kering dan rapuh. Jika ini terjadi, perbanyak asupan air, zat besi, vitamin E dan A untuk membuat kuku kembali sehat. Untuk mencegah kuku kering, Anda bisa menggunakan pelembab atau lotion. Selain itu hindari terlalu sering mewarnai kuku (terutama yang mengandung gelatin), karena bahan kimia dalam cat kuku dan pembersihnya menyebabkan kuku mudah rapuh.