Tuesday , August 14 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Gunakan Gadget Touchscreen Terlalu Lama? Hati-hati!

Gunakan Gadget Touchscreen Terlalu Lama? Hati-hati!

Kenapa Gunakan Gadget Touchscreen Terlalu Lama Bisa Berbahaya?

Anda pengguna gadget? Tentu. Anda menyukai dan menggunakan gadget touchscreen? Beberapa dari anda pasti menggunakan ponsel dengan teknologi touchscreen atau layar sentuh. Teknologi ini terbilang populer karena dinilai sangat praktis dan memudahkan pengguna perangkat-perangkat teknologi seperti ponsel, pemutar musik, komputer pribadi, maupun di tempat-tempat umum seperti bandara, restoran, swalayan, atau rumah sakit. Cukup dengan menyentuhkan jari pada tampilan menu atau gambar di layar, anda tak perlu lagi banyak mengingat atau berlatih untuk mengoperasikan perangkat-perangkat teknologi.

menggunakan gadget touchscreen
sumber: dailyofwap.com

Kalau anda sudah sangat familiar dengan perangkat teknologi touchscreen, semestinya anda pun mengenal De Quervain. Ini bukan ragam teknologi terkini. Sindroma De Quervain ialah sebutan untuk pembengkakan atau peradangan disertai rasa nyeri yang terjadi pada tendon dan selubung tendon yang berfungsi menggerakkan ibu jari ke arah luar.

Apa yang menyebabkan De Quervain?

De Quervain terjadi karena gerakan-gerakan tertentu pada pergelangan tangan secara berulang-ulang, atau posisi pergelangan tangan yang tidak biasa. Anda bisa mengenali gejala De Quervain dari nyeri tekan atau bengkak pada ibu jari dan pangkal ibu jari, kesulitan menggenggam, dan bila dibiarkan nyeri akan menyebar sampai ke lengan bawah.

menggunakan gadget touchscreen
sumber:palingaktual.com

De Quervain memang lebih sering terjadi pada orang dewasa, namun bagi anak-anak, terlalu banyak menggeser-geserkan jari pada layar sentuh dikhawatirkan menyebabkan pertumbuhan jari yang tidak normal. Lindsay Marzoli, terapis dari Learning and Therapy Corner di Amerika Serikat, mengatakan bahwa penggunaan teknologi touchscreen yang berlebihan akan melemahkan otot jari anak dan bahkan tak cukup kuat untuk sekadar menulis (Daily Mail, 19/11/2013).

Nah, ketika anda mulai merasakan pegal atau nyeri pada jemari atau pergelangan tangan karena penggunaan perangkat touchscreen terlalu lama, sebaiknya istirahatkan tangan anda selama kurang lebih 10 menit. Anda bisa melakukan stretching kecil seperti memutar pergelangan tangan, meregangkan jari-jari, finger dance (gerakan jemari tangan mirip aksi pemain sulap), atau memberikan kompres hangat pada pergelangan tangan dan jemari. Namun hindari membunyikan buku jari tangan, karena akan memperbesar ruang sendi jari, yang pada 35-40 tahun mendatang, berakibat pada semakin berkurangnya kekuatan tangan.

About admin

Situs Informasi Wanita Indonesia

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.