Wednesday, April 25, 2018

Hilangkan Lingkaran Gelap Bawah Mata dengan Cara Ini!

Tips Menghilangkan Gelap Bawah Mata

Kebanyakan orang mengira lingkaran gelap bawah mata muncul akibat kurang tidur atau doyan begadang. Hmm… padahal ada beberapa penyebab lainnya yang mesti Anda waspadai juga, seperti stres berlebih, anemia, faktor genetik, kekurangan zat besi dan nutrisi, terlalu lama menatap layar komputer/TV, serta kebiasaan merokok.

sumber: wordpress.com
sumber: wordpress.com

Lingkaran gelap dibawah mata ini pasti mengganggu penampilan Anda karena wajah dan mata akan tampak kusam. Nah, ini dia cara mengatasi dan mencegah munculnya lingkaran gelap di bawah mata:

1. Kompres alami

Kompres mata dengan dua sendok yang sudah didinginkan di kulkas atau es batu yang dibungkus kain. Biarkan selama beberapa menit. Lakukan ini setiap hari ketika bangun pagi atau setelah Anda beraktivitas. Selain itu, Anda bisa menggunakan potongan mentimun segar/dingin, bengkoang, atau kentang yang sudah dicuci bersih. Gosokkan lembut pada area sekitar kelopak mata selama sekitar 15 menit, lalu bilas.

2. Air putih

Ternyata dehidrasi juga menyebabkan mata tampak sayu dan timbul lingkaran gelap di bawah mata. Jadi, perbanyak asupan air putih yang Anda konsumsi tiap hari untuk menjaga kesegaran kulit di sekitar mata.

Baca juga: Cara Mengatasi Komedo Hitam dan Putih

3. Zat besi

Kekurangan zat besi akan membuat pembuluh darah di bagian kulit tipis mata lebih terlihat. Untuk menjaga kadar zat besi dalam tubuh, konsumsi makanan/sayuran yang banyak mengandung zat besi atau vitamin B6 dan B12, seperti bayam, kacang-kacangan, kulit kentang, atau gandum.

4. Vitamin K

Vitamin K mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan pembuluh pecah. Nah, jika pembuluh kapiler di sekitar mata pecah, akan timbul kantung mata dan area sekitar mata menghitam. Vitamin K dapat diperoleh dari susu dan sayur-sayuran.

5. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga sangat diperlukan untuk menjaga kesegaran kulit termasuk kulit mata yang tipis. Maka, asupan vitamin C juga sebaiknya diperbanyak dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Baca juga: Begini Cara Memakai Lulur yang Benar

6. Labu hijau

Selain itu, Anda bisa membuat jus atau masker mata dari labu hijau. Labu hijau ini juga bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

7. Ekstrak teh & daun mint

Gunakan kantung ekstrak teh yang hangat untuk mengompres area mata. Atau oleskan daun mint pada area di sekitar mata. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur selama 15-20 menit.

8. Jaga pola hidup sehat

Nah, yang paling penting dilakukan adalah tetap menjaga pola hidup yang sehat. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein karena pemanis buatan yang terkandung dapat mempengaruhi warna kulit dan proses penyerapan cairan tubuh. Usahakan untuk tidur 8 jam sehari agar mata tidak terlalu lelah dan tak lagi ada lingkaran gelap mata yang mengganggu penampilan Anda!