Monday, January 22, 2018

Ibu, Ini Dia Tips Mengelola Emosi Saat Hamil!

Agar Hamil Menyenangkan, Ini Tips Mengelola Emosi Saat Hamil

Bunda, kehamilan adalah hal yang paling dinantikan oleh setiap wanita yang sudah menikah. Kesempatan untuk menjadi “sempurna” sebagai seorang wanita begitu terasa dekat saat kabar kehamilan tiba. Tak heran, banyak bunda yang kegirangan saat menyambutnya. Namun, seiring perkembangan si janin dalam tubuh bunda, beberapa perubahan tentu saja tak terelakkan. Perubahan fisik pasti tak dapat dihindari. Pengaruh hormonal sering juga memberikan efek secara psikis terhadap bunda. Maka, jangan heran bila bunda mengalami perubahan emosi yang tak pasti (biasa disebut mood swing)saat hamil. Belum lagi pengaruh dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Apa yang mereka lakukan dan katakan mengenai kehamilan bunda juga bisa membawa perubahan emosi pada diri bunda yang sedang hamil.

hamil
sumber: madicmagic.com

Nah, apabila bunda mulai merasa ada perubahan emosi yang drastis dalam diri bunda saat hamil, dan bunda merasa sudah tidak sanggup mengendalikannya, bahkan membuat bunda stress dengan keadaan tersebut, simak tips yang berikut ini, supaya suasana hati bunda tetap stabil saat hamil.

1. Komunikasi

Komunikasi ini menjadi hal yang sangat penting untuk bunda jalin selama masa kehamilan. Komunikasi dengan pasangan adalah hal yang wajib dilakukan. Libatkan pasangan bunda dalam kehamilan bunda. Ajak pasangan untuk tahu dan paham apa yang bunda butuhkan dan inginkan saat hamil. Beri pengertian pada pasangan bahwa bunda membutuhkan kasih sayang dan kedekatan yang lebih dengan pasangan. Jika bunda memang memiliki masalah, komunikasikan secara baik dan terbuka, sehingga pasangan juga akan dengan mudah membantu bunda mengatasi masalah tersebut.

Komunikasi lain yang perlu dijalin adalah komunikasi dengan orang-orang dekat. Ibu, kakak perempuan yang sudah pernah hamil lebih dulu, juga sahabat. Minta mereka membagi pengalaman hamil mereka, supaya pengetahuan bunda tentang kehamilan bertambah. Selain itu, jadikan mereka orang terpercaya bunda untuk mencurahkan segala keluhan tentang kehamilan bunda dan perasaan bunda tentangnya. Jika ada sesuatu yang mengganjal, jangan sampai dipendam sendiri ya, bun! Percayalah bahwa orang-orang terdekat bunda itu sayang sama bunda dan pasti akan membantu bunda jika bunda dalam kesulitan.

Baca juga: Ibu, Pantangan Hamil Berikut Wajib Dihindari Ya!

2. Lakukan hal yang menyenangkan

Ketika stress sudah mulai melanda dan bunda sudah tidak kuasa menahannya, cobalah untuk keluar sejenak dari rutinitas bunda untuk melakukan hal yang bisa membuat bunda merasa senang dan nyaman. Berjalan – jalan sebentar atau sekedar window shopping, bisa jadi penolong di saat penat. Atau jika bunda suka film, bunda bisa ke bioskop untuk nonton bersama pasangan atau sahabat. Pergi ke salon atau pijat relaksasi juga bisa jadi alternatif di saat stress. Dan untuk bunda yang bekerja, bisa memanfaatkan waktu weekend untuk sekedar bersantai di rumah atau tidur siang.

3. Pilih makanan sehat

Meskipun tidak secara langsung, namun asupan makanan juga bisa membawa pengaruh terhadap kondisi psikis bunda. Memilih makanan yang sehat akan jauh lebih baik untuk kesehatan fisik-mental bunda dan janin. Selama hamil, tingkatkan asupan karbohidrat dan protein. Tambahkan buah dan sayur segar ke dalam menu bunda. Hindari minuman beralkohol, minuman berkarbonasi dan kopi yang justru bisa memicu stress.

4. Olahraga teratur

Olahraga secra teratur bisa membantu bunda mengendalikan emosi saat hamil. Beberapa posisi yoga atau sekedar berjalan kaki santai selama kurang lebih 15 menit setiap hari akan membantu bunda mengatasi ketidaknyamanan fisik maupun emosional. Jika bunda berolahraga secara teratur, maka sirkulasi darah akan lancar sehingga bunda akan terhindar dari rasa pegal atau sakit punggung ataupun kaki bengkak.

Semoga bermanfaat ya, Bun!

Baca juga: Anda sedang Hamil? Ini Dia 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil!