Sunday, January 21, 2018

Ibu, Pantangan Ibu Hamil Berikut Wajib Dihindari Ya!

Jika Anda sedang Hamil, Maka Beberapa Pantangan Ibu Hamil berikut Wajib Dihindari Ya!

Setiap kehamilan adalah momen yang berharga bagi seorang ibu. Seorang ibu akan melakukan yang terbaik untuk menjaga janin yang ada dalam kandungannya, termasuk menghindari pantangan –pantangan selama masa kehamilan. Pantangan- pantangan tersebut bisa dalam bentuk makanan maupun aktifitas. Selain itu ada juga pantangan adat mengenai kehamilan yang biasanya berbeda-beda tergantung dimana anda tinggal. Berikut beberapa pantangan makanan dan pantangan aktifitas yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil:

1. Pantangan makanan

pantangan ibu hamil
sumber: lifedaily.com

Saat hamil ibu harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya, karena asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil bisa mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil:

Segala minuman beralkohol

Alkohol yang dikonsumsi ibu hamil akan berakibat tidak baik untuk janin dalam kandungan. Bisa memperlambat perkembangan otak janin, bahkan memperlambat proses pembentukan organ janin.

Kopi

Kopi mengandung kafein. Kafein memicu stres pada ibu hamil dan bisa menyebabkan jantung berdebar lebih kencang. Kondisi ini tentu saja tidak baik untuk ibu hamil, begitu juga untuk janin dalam kandungannya. Bisa mengakibatkan flek atau bahkan pendarahan.

Tape

Tape dihasilkan dari proses fermentasi singkong. Sementara kita tahu bahwa makanan hasil olahan dengan proses fermentasi pastilah mengandung alkohol. Dan alkohol inilah yang harus dihindarioleh ibu hamil.

Semua makanan setengah matang

Makanan yang tidak dimasak sempurna sangat rentan terhadap bakteri salmonella. Jika sampai dikonsumsi oleh ibu hamil, maka dikhawatirkan ibu hamil akan terinfeksi bakteri tersebut sehingga membahayakan janin dalam kandungannya.

Sushi

Makanan mentah ala jepang ini juga wajib dihindari oleh ibu hamil. Selain rentan terhadap salmonella, makanan ini jelas tidak steril dan mengandung banyak bibit penyakit karena memang tidak dimasak sama sekali.

Daging berlemak

Daging yang berlemak mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi jika ibu hamil mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi, hal ini yang bisa menyulitkan pada saat proses persalinan nantinya.

2. Pantangan aktifitas

Selain pantangan makanan, ibu hamil juga harus memperhatikan aktifitas  yang dilakukan sehari-hari, utamanya bagi ibu hamil yang bekerja. Jangan melakukan aktifitas yang berat, yang cepat membuat lelah, maupun menyebabkan stres sehingga bisa membahayakan janin anda. Berikut aktifitas yang perlu dihindari oleh ibu hamil saat mengandung:

Olahraga ekstrim

Hindari olahraga ekstrim saat hamil, semisal aerobik, bersepeda, naik kuda, belly dance dan olahraga-olahraga ekstrim yang lain.

High heels

Hindari high heels, setidaknya kurangi mengenakan high heels untuk meminimalisir rasa capek dan kemungkinan tergelincir.

Sauna dan berjemur

Kedua aktifitas ini dapat menyebabkan rahim sebagai tempat bernaung janin panas dan kering.

Sinar x-ray

Sinar x-ray atau rontgen bisa menyebabkan radiasi pada rahim sekaligus janin anda.

Cat rambut atau kuku

Zat kimia yang terdapat dalam cat bisa terbawa ke plasenta melalui darah

Membersihkan kotoran kucing

Kotoran kucing mengandung virus toksoplasma yang berbahaya untuk janin anda.

Asap

Asap kendaraan bermotor maupun asap rokok jelas tidak baik untuk ibu hamil maupun untuk janin. Jika anda perokok, sebaiknya berhentilah merokok saat anda hamil. Jika anda menggunakan jasa transportasi umum selalu kenakan masker demi keselamatan anda dan janin anda.

Bumil, sayangi janin dan diri anda! Jaga kehamilan anda dengan baik. Hindari melakukan hal-hal yang sekiranya beresiko atau membahayakan janin dan ibu. Semoga ibu hamil dan janinnya sehat!