Thursday, April 26, 2018

Ibu, Pekerjaan Rumah Menumpuk dan Bikin Stress? Ini Tips-nya!

Tips Ketika Pekerjaan Rumah Menumpuk

Semua ibu pasti akan setuju bahwa pekerjaan rumah tidak pernah ada habisnya. Apalagi jika Anda memutuskan untuk tidak memiliki seorang asisten rumah tangga untuk membantu Anda mengurus rumah. Tak peduli sudah berapa banyak pekerjaan yang Anda kerjakan, tapi selalu ada saja yang belum Anda selesaikan.

pekerjaan rumah menumpuk
sumber: molto.co.id

Lalu, apa yang harus Anda lakukan ketika pekerjaan rumah menumpuk dan membuat Anda stress? Jangan panik dan tetap tenang, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu Anda:

1. Tentukan Prioritas

Ada begitu banyak pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan; menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju, memasak, hingga pekerjaan kecil lainnya yang Anda ingin selesaikan. Jangan panik jangan bingung. Ambil nafas dalam-dalam dan mulai susun list pekerjaan yang akan Anda lakukan hari itu.

Baca juga: Sukses Menjadi Istri dan Ibu Berkarir? Kenapa Tidak?

2. Ajak Anggota Keluarga Bekerja Sama

Anda bisa memulai dengan membiasakan anggota keluarga untuk disiplin. Misalnya: membiasakan anak Anda untuk merapikan mainannya sendiri setelah bermain, membiasakan anak atau suami Anda untuk meletakkan pakaian kotor di tempat yang sudah Anda sediakan, atau mengajak anggota keluarga untuk bekerja bakti di hari libur–tentunya dengan sebuah hadiah yang lezat ketika semua sudah beres–camilan spesial yang enak.

3. Jangan Menunda

Biasanya, menumpuknya pekerjaan diakibatkan karena kita menunda-nunda, jadi usahakan sebisa mungkin agar kita mengerjakannya selagi ada waktu. Jika Anda memiliki bayi, maka Anda bisa mencicil pekerjaan rumah ketika ia tidur. Lakukan saja, sebisanya, kapan saja, meski hanya sedikit. Karena menunggu waktu longgar yang panjang ketika Anda memiliki bayi hanya akan membuat pekerjaan rumah semakin menumpuk.

4. Jaga Kesehatan

Kadang karena begitu sibuknya ibu dengan pekerjaan rumah yang seolah tak pernah ada hentinya, ibu lupa untuk menjaga kesehatannya sendiri; makan terlambat, tidur kurang, menjadi sudah biasa dan disepelekan. Ingat ibu, ketika Anda sakit maka pekerjaan rumah tak ada yang mengerjakan. Dan itu akan menjadi bumerang ketika Anda sembuh. Jadi, jaga kesehatan!

Baca juga: Agar Tetap Disiplin Meski Bekerja Di Rumah

5. Kompromi

Segala sesuatu mungkin bisa Anda kendalikan dengan baik ketika Anda masih berdua saja dengan suami. Rumah bersih, lemari pakaian rapi, lantai mengkilat, dan segala perabot rumah tangga berada rapi di tempatnya masing-masing. Tapi, itu tak akan lagi bisa terjadi ketika Anda sudah mulai memiliki buah hati. Berkompromilah dengan diri dan hati Anda. Jangan merasa bersalah ketika ternyata semua tak lagi seperti yang Anda inginkan. Turunkan standar dan tentukan prioritas. Anda tidak salah.

6. Lakukan dengan Hati Gembira

Bekerja dengan hati dan pikiran yang senang akan membuat segala hal menjadi nampak lebih mudah. Begitu juga ketika membereskan begitu banyak pekerjaan rumah yang nampak tak pernah ada habisnya. Dari pada semua hal yang menguras tenaga itu hanya membuat stres dan emosi, lebih baik kita setting hati dan pikiran dengan suasan gembira bukan?

Happy mommy, happy kids, happy family!