Monday , December 10 2018
Home / Edukasi / Menjadi Ibu Rumah Tangga Sambil Kuliah? Why Not?

Menjadi Ibu Rumah Tangga Sambil Kuliah? Why Not?

Mungkinkah Menjadi Ibu Rumah Tangga sambil Kuliah?

Menjadi seorang Ibu rumah tangga tentulah bukan pekerjaan mudah. Banyak hal penting yang langsung berada dalam kendali kita mulai dari mengurus kebutuhan suami, anak-anak, kebersihan rumah, ketersediaan menu makanan dan hal-hal kecil lainnya yang tak terhitung banyaknya. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik, wanita perlu bekerja selama dua puluh empat jam non-stop.

ibu rumah tangga sambil kuliah
sumber: harukaedu.com

Namun demikian, ketika seorang wanita sudah menikah dan dikaruniai putra-putri yang lucu, bukan berarti bahwa pengaktualisasian dirinya akan berhenti pada dua peran maha penting yang telah disandangnya, seorang istri dan seorang ibu. Bila dapat mengatur waktu dengan cerdas dan terencana, bukan tidak mungkin seorang ibu rumah tangga mampu menempuh pencapaian pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Tentu saja dibutuhkan kerja ekstra keras dan disiplin waktu untuk melakukannya.

Nah, berikut tips menjadi Ibu Rumah Tangga Sambil Kuliah:

1. Membuat jadwal kegiatan

Sebagai seorang multitasker, Anda perlu membagi waktu dengan membuat daftar tugas-tugas rutin harian, mingguan, dan bulanan. Ini penting karena Anda harus dapat memperkirakan hal-hal yang perlu segera diselesaikan berdasarkan skala prioritas masing-masing. Dengan bekerja mengikuti jadwal maka satu demi satu pekerjaan akan terselesaikan dengan tepat waktu. Tanpa membuat jadwal berdasarkan skala prioritas, Anda akan kebingungan memulai pekerjaan mana yang harus didahulukan. Akan sangat baik bila sebelum tidur Anda membuat daftar kecil hal-hal yang harus Anda lakukan esok hari. Tentu Anda harus berkomitmen dengan jadwal yang telah Anda buat sendiri.

Baca juga: 5 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Konsentrasi

2. Membuat Batasan Waktu Untuk Setiap Kegiatan

Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat menyelesaikan semua tugas secara efektif dan efisien. Misalnya saja, setelah bangun tidur Anda memiliki jadwal memasak selama satu jam. Maka cobalah untuk mentaati jadwal yang Anda buat dengan memasak makanan yang sederhana. Bila perlu, Anda dapat memasang alarm sebagai pengingat durasi waktu. Segera setelah selesai, Anda dapat dengan sigap melaksanakan tugas selanjutnya.

3. Beristirahat Dengan Cukup Agar Kondisi Tubuh Selalu Prima

Sebisa mungkin Anda harus segera beristirahat apabila semua pekerjaan telah selesai Anda lakukan. Berlama-lama menonton acara TV hingga larut akan mengkorupsi waktu Anda. Jangan memaksakan diri untuk kerja lembur demi tugas-tugas kuliah. Akan lebih baik bila Anda memaksimalkan waktu pagi hingga menjelang malam untuk bekerja dan beristirahat pada waktu yang seharusnya.

4. Merancang Menu Masakan

Penting untuk merancang menu masakan jauh-jauh hari sebelumnya agar saat pagi Anda tidak kerepotan berbelanja dan memikirkan apa yang harus Anda masak. Menu masakan yang Anda susun membantu Anda untuk tidak akan berlama-lama di supermarket dan tidak perlu menghabiskan waktu membuka buku-buku resep mencari ide menu masakan.

Baca juga: Yuk Jadi Role Model demi Tumbuh Kembang Postif Anak

5. Ganti Waktu Senggang Nonton TV Dengan Belajar dan Mengerjakan Tugas Kuliah

Di antara waktu super sibuk di pagi, siang, hingga sore, anda pasti memiliki waktu senggang. Gunakan kesempatan baik ini untuk mempelajari kembali apa yang disampaikan dosen sekaligus menyicil tugas yang harus Anda selesaikan.

Nah, Bunda, selamat menjadi seorang multitasker!

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

guru super killer

Anak Diajar Guru Super Killer? Ini Solusinya!

Ketika Anak Diajar Guru Super Killer Setiap sekolah pasti memiliki koleksi guru yang dianggap super …