Monday , December 10 2018
Home / Ibu dan Anak / Ibu Hamil / Info Ibu Hamil: Mitos atau Fakta Ya?

Info Ibu Hamil: Mitos atau Fakta Ya?

Info Ibu Hamil: Mitos atau Fakta yang Perlu Ibu Ketahui!

Nah, yang lagi hamil, pasti pernah dong dilarang ini-itu, begini-begitu dengan berbagai alasan yang kayaknya nggak masuk akal. Yuk, simak yang berikut ini. Info lengkap tentang fakta atau mitos seputar ibu hamil dan kehamilannya.

1. Ikan lele

info ibu hamil
sumber: krjogja.com

Ikan lele adalah jenis lauk pauk yang sangat mudah di dapat. Di pasar,maupun di toko- toko sayur dekat rumah, maupun dari abang tukang sayur yang biasa lewat depan rumah. Mitosnya, kalau ibu hamil makan lele, dikhawatirkan anak yang akan dilahirkan nanti akan sangat lincah dan susah tenang seperti lele. Namun, hal tersebut ternyata hanyalah mitos belaka. Faktanya, menurut medis, justru ikan lele sangat baik untuk ibu hamil. Ikan lele merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol. Selain itu, ikan lele juga mengandung lemak baik yang bermanfaat. Lemak baik ini akan diubah menjadi energi yang dibutuhkan ibu hamil untuk aktifitas nya sehari-hari. Kandungan lain yang terdapat pada ikan lele adalah protein dan mineral, yang baik untuk tumbuh-kembang janin. Yang terakhir, ikan lele juga kaya akan fosfor yang membantu pembentukan tulang pada janin.

2. Belut

Mitos tentang belut sebenarnya sama seperti ikan lele. Kalau ibu hamil makan belut, mitosnya anak akan jadi licin, banyak bergerak dan susah ditenangkan. Padahal, seperti lele juga, itu semua hanyalah mitos belaka.

Baca juga: Benarkah Anda Hamil? Berikut 9 Tanda Awal Kehamilan

3. Air es/dingin

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang minum air es atau air dingin. Mitosnya, es atau air dingin akan membuat bayi dalam kandungan besar. Faktanya, air es tidak mengandung glukosa sama sekali, jadi tidak akan berpengaruh pada ukuran janin. Kecuali, ibu hamil meminumnya dengan menambahkan sirup. Hehe…

4. Kepiting

Tahu juga kan kalau pas hamil juga dilarang mengkonsumsi kepiting. Mitosnya, kalau ibu hamil makan kepiting, nanti anaknya akan suka menggigit, seperti kepiting. Padahal, faktanya, kepiting bisa menjadi sumber asupan protein bagi ibu hamil. Tapi, perlu hati-hati ya! Karena kalau kebanyakan makan kepiting, nggak bagus juga. Bisa menyebabkan kolesterol lo.

5. Air kelapa hijau

Banyak yang percaya bahwa sering minum air kelapa hijau ketika sedang hamil akan membuat kulit bayi anda bersih dan mulus. Tahukah anda, bahwa itu hanyalah sekedar mitos. Faktanya, warna kulit manusia itu ditentukan oleh faktor genetika, bukan yang lain.

6. Kacang hijau

Selain air kelapa yang katanya bisa bikin kulit bayi bersih dan mulus, konsumsi kacang hijau saat hamil juga akan berakibat apada lebatnya rambut bayi. Ah, lagi-lagi itu hanya mitos. Faktanya, sama seperti warna kulit, rambut lebat atau tidak pun juga dipengaruhi oleh faktor genetika.

7. Makan “dobel”

Ini dia nih, mitos yang paling sering kita dengar dari orang-orang. Baik yang muda maupun yang sudah tua. Banyak sekali yang mengatakan bahwa ibu hamil harus makan banyak karena perlu makan “untuk dua orang”, yaitu untuk ibu dan bayinya. Sebenarnya makan banyak saat hamil justru bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan pada ibu. Dan jika ini terjadi, justru hal ini bisa mempersulit proses persalinan nantinya. Padahal, faktanya, ibu hamil hanya memerlukan tambahan kalori sebesar 300 kalori saja, atau setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dan susu rendah lemak. Jadi, tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang.

Nah, itulah beberapa mitos dan fakta yang sering dipercaya masyarakat kita. Ibu hamil harus cermat ya dalam memilih informasi tentang kehamilan!

Baca juga: Anda Sedang Hamil? Ini Dia 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil!

About Deni Retnowati

A full time mommy yang percaya bahwa Indonesia sebenarnya ditakdirkan untuk menjadi bangsa yang hebat. Hobi mengajar, tapi masih belajar (banyak) tentang kehidupan... utamanya dari Mbah Nun, bapaknya Noe Letto.

Check Also

Benarkah Anda Hamil? Berikut 9 Tanda Awal Kehamilan

Ini Dia Tanda-Tanda Awal Kehamilan! Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu pasangan muda. Setelah menikmati …