Thursday, December 14, 2017

Info Kehamilan: Serba-Serbi Kehamilan yang Perlu Ibu Tau!

Info Kehamilan ini Mungkin Perlu Ibu Tau agar Siap Menghadapi 9 Bulan Masa Kehamilan

Bagi setiap pasangan yang baru menikah, kehamilan adalah hal yang senantiasa dinantikan. Pengalaman hamil yang pertama bagi si ibu adalah pengalaman yang unik. Si ibu tentu akan merasa bahagia ketika mendapati dirinya tengah hamil. Namun, pada saat yang bersamaan tidak bisa dipungkiri bahwa rasa cemas, bingung dan khawatir juga kerap melanda karena belum tahu pasti apa-apa saja yang perlu disiapkan atau dilakukan serta bagaimana cara menangani atau menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi.
Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil:

1. Perubahan fisik

info kehamilan
sumber: blogspot.com

Karena janin mulai tumbuh dalam rahim, otomatis ibu akan mengalami perubahan tubuh. Awalnya, perut bagian bawah akan terasa mengencang, dan akan semakin bertambah besar seiring perkembangan janin yang ada dalam rahim. Payudara juga akan bertambah besar. Hal ini disebabkan karena hormon yang mempengaruhi produksi ASI. Biasanya pembesaran payudara ini akan diikuti oleh rasa nyeri, maka disarankan ibu mengganti bra yang biasa dikenakan dengan ukuran dan bentuk yang lebih sesuai supaya merasa nyaman.

2. Morning sickness

Adanya janin yang tumbuh di dalam rahim mau tidak mau akan mempengaruhi kerja organ dalam pada si ibu. Ukuran rahim yang semakin membesar akan menekan saraf-saraf pada organ pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalami mual-mual, bahkan muntah atau yang lebih sering dikenal dengan morning sickness. Umumnya gejala ini hanya berlangsung pada trimester awal kehamilan. Saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua, tubuh ibu sudah mulai bisa beradaptasi dengan keberadaan janin sehingga tidak memunculkan sensasi mual lagi. Namun jika masih sering terasa mual dan muntah sehingga membuat kondisi ibu lemah pada periode ini, ada baiknya konsultasikan keadaan tersebut ke bidan atau dokter kandungan.

Baca juga: Info Kehamilan: Yuk Bersiap Menyambut Kelahiran Buah Hati!

3. Perdarahan

Sekitar 25% perdarahan terjadi pada ibu hamil muda di trimester awal kehamilan. Keluarnya sedikit darah dari jalan lahir (flek) masih dianggap normal pada beberapa kasus, karena bisa merupakan tanda menempelnya embrio pada dinding rahim. Namun, ibu hamil muda juga harus waspada, jika keluar darahnya banyak dan disertai nyeri, bisa jadi itu pertanda kehamilan yang lemah atau keguguran.

4. Keputihan

Keluarnya cairan putih kental dari jalan lahir juga merupakan hal biasa terjadi pada ibu hamil. Gunakan panty liner bila itu akan membuat ibu nyaman. Namun, jangan lupa untuk sering menggantinya. Periksakan ke bidan atau dokter jika:
1. Keputihan terjadi terus-menerus
2. Cairan yang keluar tidak berwarna putih kental, tetapi berwarna kuning atau kehijauan dan berbau
3. Keluar keputihan dan menyebabkan gatal

Seiring dengan perubahan yang terjadi pada diri ibu, ibu juga harus siap untuk mengubah pola dan gaya hidup ibu menjadi lebih sehat dan lebih baik. Hal-hal berikut perlu dilakukan saat mengetahui ibu sudah hamil:

1. Mulailah mengubah pola makan dengan pola makan sehat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin untuk berkembang. Konsumsi sayuur dan buah lebih banyak. Hindari makanan mentah dan setengah matang.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari sumber yang terpercaya mengenai kehamilan, sehingga ibu dapat belajar dan siap secara mental menghadapi dan merawat kehamilan sampai pada waktu persalinan.

3. Batasi aktifitas, jangan melakukan aktifitas berat yang membuat lelah dan stress.

4. Berlatih olahraga ringan, seperti senam hamil, yoga dan berenang santai. Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga tersebut bisa membantu memperlancar proses bersalin.

5. Ciptakan hubungan yang sehat dan mesra dengan pasangan. Itu akan membuat ibu merasa nyaman menjalani kehamilan.

6. Jika dirasa perlu, ibu bisa menambahkan susu ibu hamil atau suplemen kehamilan ke dalam menu ibu sehari-hari.
Selamat bersenang-senang dengan kehamilannya, ya bunda!

Baca juga: Ibu, Ini Dia Tips Mengelola Emosi Saat Hamil!