Wednesday, April 25, 2018

Info Kehamilan: Yuk, Bersiap Menyambut Kelahiran Si Buah Hati!

Anda akan Memasuki Masa Melahirkan? Berikut Info Kehamilan untuk Anda!

Saat usia kandungan sudah memasuki tahap trimester akhir atau masuk bulan ke delapan, perasaan ibu pasti sudah mulai campur aduk. Senang karena akan segera bertemu si buah hati tersayang, bercampur rasa cemas dan was-was mengenai persalinan nanti, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama. Belum lagi ditambah rasa bingung mengenai apa saja yang dibutuhkan saat persalinan nanti, mengingat waktu sudah semakin dekat.

info kehamilan
sumber: sharingdisana.com

Nah, ketika usia kehamilan sudah masuk di bulan kedelapan, ini memang saat yang tepat untuk bunda dan pasangan beserta seluruh anggota keluarga untuk mempersiapkan segala kebutuhan menjelang persalinan. Di masa ini ibu masih punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan segalanya. Hal berikut, semoga bisa membantu bunda dalam mempersiapkan persalinannya!

1. Persiapan fisik dan mental

Dari semua persiapan yang diperlukan, ini adalah hal utama yang terlebih dulu disiapkan. Memasuki trimester akhir kehamilan, ibu sudah harus banyak mengurangi aktifitasnya. Berjalan santai setiap pagi, melakukan senam hamil atau yoga adalah pilihan aktifitas yang tepat pada masa ini. Selain bukan aktifitas berat, kegiatan tersebut bisa membantu memperlancar proses persalinan nantinya.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dari sumber yang tepat tentang persalinan. Itu akan membuat ibu lebih siap secara mental untuk menghadapinya. Jika ada keluhan atau pertanyaan segera hubungi bidan atau dokter.
Libatkan pasangan dalam proses persiapan ini. Diskusikan dengan pasangan mengenai rencana persalinan. Utarakan keluhan ataupun keresahan bunda dan minta dukungan dari beliau. Dengan begitu secara mental bunda dan pasangan akan semakin mantap untuk menyambut kehadiran si buah hati.

2. Dimana dan siapa

Tentukan dimana bunda akan melakukan persalinan. Pertimbangannya bisa macam-macam, misal jarak tempuh, kondisi tempat (misal:kebersihannya, kelengkapan alatnya, ketersediaan tenaga ahli dsb.).
Selain tempat, bunda juga bisa memilih apakah nanti yang menolong pada waktu proses persalinan adalah dokter atau bidan.
Setelah menentukan pilihan, segera hubungi dokter atau bidan pilihan bunda tersebut dan pastikan mereka bersedia menolong.

3. Transportasi

Meskipun waktu persalinan bisa diperhitungkan, namun tidak bisa dipastikan kapan tepatnya. Untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan cermat, termasuk masalah kendaraan yang akan digunakan membawa ibu ke tempat persalinan. Jika mempunyai mobil pribadi, maka hal itu akan sangat membantu. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan mobil dalam keadaan siap pakai jika sewaktu-waktu ibu sudah merasakan kontraksi. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, bunda bisa meminta bantuan kepada tetangga atau saudara dekat yang memilikinya, dan sekali lagi pastikan kendaraan tersebut dalam keadaan siap pakai sewaktu-waktu.

4. Biaya

Ini juga merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Setiap persalinan pasti membutuhkan biaya, baik proses normal maupun Caesar. Untuk itu akan sangat bijaksana jika jauh sebelum waktu persalinan tiba, ayah dan bunda sudah mempersiapkan tabungan untuk biaya persalinan ini. Jadi saat persalinan tiba, ayah dan bunda tidak perlu kebingungan lagi mengenai hal tersebut.

5. Kebutuhan ibu

Berikut hal-hal yang dibutuhkan ibu saat persalinan:
1. Gurita tali (2 buah)
2. Pembalut khusus bersalin (1-2 bungkus)
3. Gaun/daster yang nyaman (2-3 potong)
4. BH menyusui (2 buah)
5. Celana dalam (4-5 buah)
6. Baju berkancing
7. Ikat rambut (jika memiliki rambut panjang)

6. Kebutuhan bayi

Hal-hal yang dibutuhkan bayi saat lahir:
1. Baju berkancing (2-3 stel)
2. Selimut/gedong (bisa juga kain jarik)
3. Kaus tangan dan kaus kaki
4. Botol susu (untk berjaga-jaga jika ASI tidak langsung keluar)
5. Minyak kayu putih atau minyak telon
Jika masih ada hal-hal yang bunda kurang sreg, segera konsultasikan ke bidan atau dokter. Selamat menanti datangnya si buah hati!