Tuesday , August 14 2018
Home / Ibu dan Anak / ASI & MPASI / Ingin Menghasilkan ASI Perah Berlimpah? Berikut Tipsnya!

Ingin Menghasilkan ASI Perah Berlimpah? Berikut Tipsnya!

Tips Asi Perah Berlimpah untuk Ibu

Menemani bayi tersayang pada masa cuti sehabis melahirkan merupakan momen istimewa yang tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Bunda bebas menggendong, memeluk, dan menyusui si buah hati sepuasnya tanpa harus memikirkan berangkat ke kantor dan dikejar tumpukan urusan pekerjaan yang menggunung. Namun saat-saat membahagiakan ini tentu tidak bisa berlangsung lama karena Bunda tentu harus kembali bekerja.

menghasilkan asi perah berlimpah
sumber: replubika.com

Kegalauan yang menjadi masalah sejuta Ibu menyusui adalah keberlangsungan program ASI eksklusif ketika Bunda harus kembali ke kantor. Memerah ASI menjadi solusi utama agar program ASI eksklusif tetap berjalan dan pekerjaan kantor tidak terbengkalai. Namun, bagaimana caranya agar menghasilkan ASI perah melimpah? Berikut tips cerdasnya!

1. Sejak masa cuti melahirkan, mulailah memerah kapanpun ada kesempatan sesering mungkin

ASI berproduksi atas dasar prinsip supply on demand. Artinya, ia akan berproduksi sesuai dengan seberapa banyak kebutuhan bayi. Karena itu, ketika pada hari-hari pertama Bunda merasa payudara yang kencang terisi ASI segeralah memulai memerah ASI kapanpun Bunda memiliki kesempatan. Misalnya, Bunda dapat memerah saat bayi sedang terlelap. Semakin sering Bunda memerah maka sinyal tentang tingginya kebutuhan ASI akan semakin merangsang hormon oksitoksin untuk terus berproduksi.

2. Jangan memerah hanya saat payudara penuh

Memerah saat payudara penuh memang cepat menuai hasil berlimpah. Tetapi ini tidak baik bagi produksi ASI ke depan. Misalnya Bunda mendapati payudara penuh pada pukul 9 pagi dan kembali penuh esok harinya, artinya frekuensi memerah akan sangat rendah. Sebaiknya, buatlah jadwal memerah secara teratur. Misalnya, perahlah setiap 3 jam sekali meskipun kondisi payudara sedang tidak penuh atau bahkan saat payudara kering. Dengan sering memerah, produksi ASI akan terus meningkat sesuai kebutuhan.

3. Jangan langsung memerah payudara bengkak

Bila Bunda mendapati payudara yang bengkak, kompreslah dengan air hangat terlebih dahulu. Lalu pijatlah perlahan ke arah dada, jangan ke arah puting. Memerah payudara bengkak malah dapat mengakibatkan bengkaknya semakin parah. Setelah dikompres dan dipijat, biasanya ASI akan menetes perlahan.

4. Cobalah teknik power pumping

Teknik power pumping terbukti dapat meningkatkan produksi ASI secara pesat hanya dalam dua hari. Prinsip dasar power pumping adalah dengan terus memompa selama 20 menit diikuti istirahat selama 20 menit. Setelah beristirahat, Bunda dapat kembali memompa selama 20 menit. Begitu seterusnya selama 2 hari. Tentu Bunda perlu beristirahat malam, menyusui, memasak, mandi, dan melakukan hal-hal lain bukan? Tidak perlu risau, intinya, lakukanlah teknik ini sebisa mungkin agar hasilnya maksimal.
Mau berangkat ke kantor Bunda? Tak perlu lagi galau karena ASI perah berlimpah di kulkas!

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

tampil cantik saat menyusui

ASIP: Sukses Menyusui bagi Ibu Bekerja, Kenapa Tidak?

Tips Menyusui bagi Ibu Bekerja Sejalan dengan perkembangan kemajuan teknologi, membanjirnya tenaga wanita dalam dunia …