Friday , October 19 2018
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Ini 7 Fakta Kulit Berminyak yang Wajib Anda Ketahui!

Ini 7 Fakta Kulit Berminyak yang Wajib Anda Ketahui!

Anda Memiliki Kulit Berminyak? Mungkin Anda Perlu Mengetahui 7 Fakta Kulit Berminyak Berikut Ini!

Kulit berminyak seringkali dianggap merepotkan karena produksi minyak berlebih pada wajah membuat anda merasa perlu membersihkan muka berulang kali atau memoles ulang make up untuk mengurangi kilapan minyak. Namun tahukah anda, ternyata terlalu sering mengeringkan dan menutupi minyak pada kulit wajah bisa menimbulkan masalah lain seperti penyumbatan pori-pori dan kekurangan produksi minyak.

kulit berminyak
sumber: blogspot.com

Ada sejumlah fakta kulit berminyak yang wajib anda ketahui karena ternyata memiliki kulit berminyak tidak selalu merugikan anda. Berikut ini beberapa fakta kulit berminyak, termasuk manfaat memiliki kulit wajah berminyak dan kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari dalam merawat kulit berminyak:

1. Lebih awet muda

Fakta kulit berminyak yang penting diketahui yaitu proses penuaan dini kulit wajah berminyak ternyata lebih lambat. Hal ini dikarenakan produksi minyak membuat kelembaban alami kulit bertambah, sehingga kulit wajah akan tampak lebih muda. Namun anda tetap memerlukan pelembab yang cocok untuk merawat kulit berminyak.

2. Lebih tahan sinar matahari

Kulit berminyak ternyata juga lebih tahan terhadap paparan sinar matahari karena memiliki lapisan kelembaban yang lebih tebal, tingkat pH sekitar 4,5 – 6,2. Lapisan ini akan melindungi kulit dari bakteri dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga anda juga tidak perlu menggunakan tabir surya berlebihan.

3. Bersihkan wajah secara teratur

Fakta kulit berminyak selanjutnya, bahwa meskipun secara alami memiliki kelembaban dan perlindungan lebih daripada jenis kulit lainnya, kulit berminyak membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan rajin membersihkan wajah, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Sisa-sisa kotoran dan make up harus segera dibersihkan agar tidak menyumbat pori-pori yang memungkinkan munculnya jerawat dan iritasi kulit.

Baca juga: Begini Cara Atasi Kulit Berminyak tanpa Budget Ekstra!

4. Perhatikan komposisi produk perawatan wajah

Untuk kulit berminyak, anda sebaiknya menghindari penggunaan make up dan produk perawatan wajah yang mengandung krim, minyak, salicylic acid dan glycolic acid. Ini karena bahan dasar tersebut bersifat mengikat minyak dan mengeringkan minyak berlebih. Pilihlah jenis bedak bubuk untuk menyerap minyak.

5. Gunakan kertas penyerap minyak

Fakta kulit berminyak berikutnya adalah kebiasaan menggunakan kertas penyerap minyak. Cara yang tepat membersihkan minyak berlebih dari wajah dengan kertas penyerap minyak yaitu menepuk-nepukkan kertas penyerap secara perlahan, bukan mengusap wajah karena akan menimbulkan iritasi.

6. Perawatan alami kulit berminyak

Untuk menjaga kulit berminyak tetap segar, anda bisa melakukan perawatan alami dengan masker dari seledri atau bengkoang dan kentang. Perawatan alami kulit berminyak ini bisa diterapkan rutin setiap 2 hari sekali atau sebelum tidur malam. Pastikan wajah anda sudah dibersihkan sebelum menerapkan masker alami ini.

Cara merawat kulit berminyak dengan bahan alami sangat mudah. Masukkan daun seledri ke dalam air mendidih, lalu biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah airnya dingin, ambil daun seledri, bilaskan air rendamannya pada wajah dan biarkan sampai mengering, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Jika ingin menggunakan masker bengkoang dan kentang, anda cukup menumbuk halus bahan tersebut, kemudian oleskan ke wajah. Selain itu, perawatan kulit berminyak juga bisa dilakukan dengan cara menggosokkan mentimun (bagian dalam yang berbiji) ke wajah. Biarkan sampai meresap sekitar 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat.

7. Batasi konsumsi makanan tertentu

Dan satu lagi fakta kulit berminyak yang juga harus anda ketahui adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan bisa memicu produksi minyak wajah berlebih, seperti makanan pedas, makanan dengan karbohidrat olahan (misalnya, gula, kue, makanan penutup), makanan cepat saji, serta lemak omega 6 yang terkandung dalam minyak sayur.

Baca juga: Tips Melepas Produk Kecantikan dari Dokter dengan Aman

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

lipstik

Ini 7 Cara agar Warna Lipstik Awet di Bibir!

Tips Lipstik Awet sepanjang Hari Lipstik mungkin menjadi salah satu kosmetik yang harus selalu ada …