Wednesday, December 13, 2017

Ini Alasan Kenapa Wanita Harus Pintar!

Wanita Harus Pintar! Kenapa?

Hari Kartini mengingatkan kita semua pada masa ketika perempuan tidak diberi kesempatan untuk berkarya, berpendapat, dan menempuh pendidikan yang setara dengan laki-laki. Nah, sekarang ketika hampir semuanya bisa perempuan lakukan, terbesit sebuah pertanyaan: kenapa wanita harus pintar?

kenapa wanita harus pintar
sumber: specialistblog.com

1. Menjadi guru pertama bagi anak

Sesuai kodratnya, perempuan akan menjadi ibu bagi anak-anaknya. Ini juga sekaligus menjadikan perempuan sebagai guru pertama bagi anak yang akan mengajarkan banyak hal, salah satunya sopan santun. Sebelum menginjak bangku sekolah, ibulah yang akan mendidik anak-anak. Nah, jika perempuan memiliki pendidikan dan pengetahuan (wawasan umum dan juga dasar agama) yang cukup baik, maka ia akan mampu memberi pendidikan dasar yang baik pula bagi anak-anaknya.

Baca juga: Ingin Selalu Percaya Diri tanpa Bantuan dari Orang Lain? Ini Tipsnya!

2. Memiliki kemandirian

Bukan hanya ketika masih lajang, bahkan setelah menikah pun, perempuan sebaiknya tetap memiliki kemandirian. Setidaknya dalam mengurus segala pekerjaan rumah tangga, perempuan yang mandiri dan pintar tidak akan banyak bergantung pada suaminya. Perempuan yang pintar akan memahami pembagian tugas suami dan istri meskipun sama-sama bertanggung jawab terhadap kehidupan rumah tangga.

3. Memiliki wawasan yang lebih luas

Sebagian perempuan menganggap bahwa pendidikan tinggi tidak penting karena perempuan seharusnya hanya menjadi ibu rumah tangga. Memang perempuan tidak wajib menempuh pendidikan setinggi-tingginya lalu bekerja di luar, terutama jika harus mengabaikan keluarga. Namun pendidikan tinggi dan pengalaman bekerja akan membuat perempuan memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan wawasan yang lebih luas.

Perempuan yang pintar akan mampu berdiskusi dengan baik dalam hal apapun, bukan hanya soal rumah tangga. Meski kemudian tidak lagi bekerja alias menjadi ibu rumah tangga, perempuan yang pintar akan menjadi sahabat diskusi yang baik bagi suaminya.

Seperti dikatakan Prof. Nila. F Moeloek, MD, Ph.D., dalam acara ‘Keluarga Adalah Pilar Pertama dan Utama Dalam Membangun Bangsa’, di Jakarta, perempuan yang mampu berdiskusi dengan baik akan bisa memperhitungkan bagaimana keluarga akan dibawa ke depan.

Baca juga: Ingin Selalu Bahagia? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!

4. Mengembangkan diri

Selain itu, dengan pengetahuan dan pendidikan yang baik, perempuan memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan potensi dirinya dan sekaligus menerima serta mempelajari hal-hal baru (yang biasanya akan menjadi peluang bisnis). Menjadi ibu rumah tangga bukanlah halangan bagi perempuan pintar untuk tetap mengembangkan ketrampilan dan minatnya.

5. Beradaptasi dengan baik

Perempuan yang pintar cenderung lebih percaya diri dan mampu membuka dirinya untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial, setidaknya lingkungan sekitar tempat tinggalnya.