Saturday, May 26, 2018

Ini Cara Menata Dapur agar Selalu Bersih dan Rapi!

Tips Menata Dapur agar Selalu Bersih dan Rapi

Besar kecilnya dapur di rumah Anda tidak menjadi masalah, karena yang terpenting adalah bagaimana Anda menjaga dapur dan segala peralatan di dalamnya tetap rapi dan bersih. Penataan dapur yang rapi, selain memudahkan Anda menemukan barang-barang tertentu, juga menghemat waktu Anda untuk tidak berkali-kali menata ulang dapur. So, berikut ini cara menata dapur selalu tampak bersih dan rapi:

cara menata dapur
sumber: architectaria.com

1. Rak/lemari

Sediakan rak atau lemari yang benar-benar dibutuhkan untuk menyimpan semua peralatan dapur (yang masih layak pakai). Satu rak dan satu lemari sudah cukup, asalkan Anda bisa menata barang-barang dengan rapi. Pisahkan alat masak dan alat makan, termasuk sejumlah benda yang hanya akan dibutuhkan untuk acara tertentu. Barang-barang khusus tersebut bisa disimpan di bagian yang tidak harus dijangkau setiap hari. Hindari sembarang menumpuk atau menggantung barang agar dapur tampak lebih luas.

2. Wadah/toples

Simpan bumbu-bumbu, gula, kopi, dan kebutuhan lainnya dalam wadah-wadah atau toples yang ukurannya sesuai. Letakkan dengan rapi di rak atau lemari yang mudah dijangkau dan tidak lembab. Begitu juga dengan sendok-garpu dan pisau: tempatkan di wadah khusus dan jauhkan dari kompor agar tidak mudah berminyak.

3. Tempat cuci piring

Nah, tempat cuci piring ini juga harus selalu diperhatikan kebersihannya agar tidak menciptakan pemandangan tidak sedap di dapur. Biasakan untuk tidak asal menumpuk piring/gelas kotor di bak cuci, apalagi bila masih terdapat sisa-sisa makanan. Segera cuci alat makan/alat masak kotor, dan sikat bak cuci sampai bersih. Usahakan tidak meninggalkan sisa-sisa kotoran di saringan air bak cuci. Jangan lupa untuk menyediakan lap tangan (digantung) dan lap khusus untuk membersihkan meja dapur dan tepi bak cuci.

4. Cahaya

Pastikan dapur Anda memiliki jendela atau akses ke sinar matahari, meskipun tempatnya di bagian dalam rumah. Cahaya yang cukup terang akan membuat dapur tampak bersih dan tidak lembab. Sebaiknya Anda juga memilih warna terang untuk cat dinding, meja, serta perabotan dapur lainnya.

5. Meja

Sediakan satu meja kecil (bundar/perse.gi) yang fungsional. Biarkan meja ini kosong atau hanya diberi satu tanaman dalam pot kecil/vas, namun selalu dalam kondisi bersih. Meja tersebut bisa Anda gunakan untuk makan, memisahkan belanjaan, menulis, dan sebagainya. Letakkan jauh dari kompor dan bak cuci piring.

6. Tempat sampah

Tempat sampah merupakan barang wajib yang harus ada di dapur. Usahakan tempat sampah Anda memiliki kantung khusus agar keranjangnya tidak terlalu kotor. Pisahkan sampah basah dan kering, atau rajin-rajinlah membawa sampah dapur ke tempat sampah di luar rumah agar tidak mencemari dapur dengan aroma/pemandangan tak sedap.

Nah, jangan lupa juga untuk menyediakan sapu khusus dapur, atau alas kaki dan keset jika diperlukan.

Sudahkah Anda merapikan dapur hari ini?