Saturday, May 26, 2018

Ini Cara Mengatasi Bau Kaki dan Sepatu tak Sedap!

Tips Mengatasi bau Kaki dan Sepatu Tak Sedap

Ugghh! Pasti bau kaki atau sepatu tak sedap membuat rasa percaya diri Anda berkurang, bukan? Bau tak sedap itu timbul karena bakteri (pada sel-sel kulit mati) yang bercampur dengan keringat berlebih pada kaki. Kaki mudah berkeringat jika Anda memakai sepatu yang berbahan plastik/sintetis atau kaus kaki yang tidak menyerap keringat. Well, tak perlu khawatir, berikut solusinya untuk mengatasi bau kaki tak sedap dan bau sepatu yang menyengat:

bau tak sedap pada kaki
sumber: blogspot.com

1. Pengharum sepatu

Saat menyimpan sepatu, masukkan bubuk kopi yang dibungkus tisu/kertas koran ke dalam sepatu. Atau, taburkan 1 sdm soda kue ke dalam sepatu. Bisa juga Anda masukkan kepingan kayu cedar atau lavender. Biarkan selama semalam untuk menjaga kondisi sepatu tetap kering dan menetralisir bau. Pastikan tempat Anda menyimpan sepatu (kotak atau rak) benar-benar kering dan tidak lembab. Sebelum dipakai, bersihkan sisa-sisa bubuk dengan sikat gigi atau menepuk-nepuk sepatu.

2. Cuci sepatu

Ganti sepatu 2-3 hari sekali, dan cuci sepatu dengan air hangat atau mengikuti petunjuk yang tertera ketika Anda membelinya. Jika bagian telapak kaki dalam sepatu bisa dilepas, jangan lupa untuk rutin menggantinya. Rekatkan kembali dengan isolasi bolak balik. Yang pasti, selalu gunakan sepatu dalam keadaan kering luar dalam.

Baca juga: 5 Cara Atasi Kaki Kering dan Pecah-Pecah

3. Cuci kaki

Rajinlah membersihkan seluruh bagian kaki hingga sela-sela jari dan kukunya, terutama saat mandi, setelah beraktivitas, dan sebelum tidur malam. Anda bisa menggunakan air hangat, sabun antibakteri, air garam, atau air teh. Dr. Meghan Walker (detik.com) menyarankan untuk merendam kaki dengan air seduhan teh secara rutin selama sekitar 20 menit. Setelah kering, taburkan bedak bayi pada telapak atau sela-sela jari kaki.

4. Pilih sepatu

Sebaiknya Anda memilih sepatu yang ukurannya pas dengan ukuran kaki, memiliki ventilasi untuk sirkulasi udara, dan berbahan kulit, linen, atau katun.

5. Pilih kaus kaki

Seperti bahan sepatu, pilihlah kaus kaki yang berbahan katun atau yang mudah menyerap keringat. Hindari menggunakan kaus kaki lebih dari 24 jam. Jika Anda bepergian dalam waktu yang lama, bawalah beberapa kaus kaki dan ganti setiap hari.

Baca juga: Fakta Seputar Kuku yang Wajib Anda Ketahui!

6. Lepas sepatu

Hindari mengurung kaki terlalu lama di dalam sepatu. Untuk Anda yang bekerja, bawalah sandal yang khusus Anda gunakan di kantor/ruang kerja saat Anda melepas sepatu agar tidak terlalu lembab. Anda bisa membawa pengharum alami untuk sepatu atau spray khusus. Jika perlu, Anda bisa mengolesi kaki dengan lotion atau deodoran anti bau pada kaki.

Nah, jika dengan tips tersebut masalah bau kaki tak sedap belum juga hilang, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter karena mungkin terdapat infeksi jamur yang harus diobati.

Selamat mencoba.