Wednesday, December 13, 2017

Ini Dia: 5 Ide Usaha Bisnis Online Tanpa Modal!

Mungkinkah Memulai Usaha Bisnis Online tanpa Modal?

usaha Bisnis online tanpa modal saat ini menjadi pilihan ide usaha yang banyak digemari pengusaha kecil dan pemula. Karena internet cukup mudah diakses di berbagai daerah, bisnis online pun berpeluang menarik lebih banyak konsumen. Kemudahan cara pemesanan barang dan sistem pembayaran membuat pengguna internet merasa nyaman melakukan pembelian secara online. Bahkan menurut sebuah penelitian tentang online shopping di Indonesia, jumlah pengguna internet yang juga konsumen bisnis online terus meningkat sejak 2013 dan diperkirakan mencapai lebih dari 8 juta orang di tahun 2016.

usaha bisnis online tanpa modal
sumber: vemale.com

Bisnis online umumnya menjadi usaha sampingan yang banyak dipilih mahasiswa, karyawan, juga ibu rumah tangga. Di samping karena mudah dijalankan dan tidak terikat waktu, besarnya modal usaha bisnis online pun bisa disesuaikan dengan kemampuan anda. Dari sejumlah ragam tren bisnis online, ada beberapa ide usaha bisnis online tanpa modal yang cukup menjanjikan keuntungan, sekaligus sangat cocok dikerjakan di rumah.

Ini dia, ragam pilihan ide usaha bisnis online tanpa modal untuk ibu rumah tangga:

1. Menjadi makelar toko atau dropshipper

Jika menjadi reseller terasa membebankan karena anda harus memiliki stok barang dari toko, cobalah menjadi dropshipper. Modal yang harus disiapkan hanya nama toko anda sendiri. Kemudian, anda cukup memasarkan produk toko lain di toko anda dengan harga sedikit lebih tinggi dari harga aslinya. Saat ini sudah banyak toko-toko online yang memberi peluang menjadi dropshipper karena sistem ini juga memudahkan promosi produk mereka. Produk yang dipesan pembeli melalui toko anda akan dikirimkan oleh supplier atau toko asalnya dengan mencantumkan nama toko anda sebagai pengirim.

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil: yang Boleh dan tidak Boleh Dilakukan

2. Menawarkan jasa terjemahan

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti melepaskan segala ilmu yang anda tekuni selama kuliah atau sekolah. Jika anda cukup mahir berbahasa asing, misalnya bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Prancis atau Jerman, mengapa tidak mencoba menjadi penerjemah? Anda bisa menawarkan jasa terjemahan ini secara online tanpa modal, melalui komunitas di media sosial atau blog pribadi. Biasanya ada juga beberapa agen terjemahan online yang menerima penerjemah lepas.

3. Menjadi penulis lepas

Ide usaha bisnis online tanpa modal juga bisa dimulai dari hobi menulis. Dengan modal kesukaan menulis (dan hobi membaca tentunya), anda berpeluang menjadi penulis lepas, yakni menulis artikel atau berita ringan untuk website dan majalah online. Semakin maraknya toko online dan majalah online, penulis lepas pun makin banyak dicari untuk mengisi website dengan tulisan-tulisan tematik sesuai yang diinginkan pemilik situs. Honor menulis juga cukup menjanjikan, terutama jika anda juga mampu menulis dalam bahasa asing.

4. Menjadi blogger

Dengan aktif menulis, anda bisa menghasilkan rupiah dari blog pribadi. Ide usaha bisnis online tanpa modal ini banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga dan terbukti cukup sukses. Buatlah blog dari platform blog tak berbayar, lalu tentukan tema atau isi blog anda, misalnya resep masakan, tips rumah tangga dan keluarga, tips fashion, atau menulis review produk kecantikan dan rumah tangga. Sebaiknya blog pribadi anda memiliki tema dan keunikan untuk menarik minat banyak pembaca sekaligus pengusaha yang ingin memajang produknya di blog anda. Untuk berbagi pengalaman, bergabunglah dengan komunitas blogger di media sosial.

5. Menjadi youtuber

Jika anda lebih suka memotret, membuat video, serta mengedit foto atau video, pilihan ide usaha bisnis online tanpa modal dengan menjadi youtuber bisa dicoba, terutama jika anda sudah memiliki gadget dengan fasilitas kamera video yang baik. Cukup unggah video tutorial di akun YouTube anda, misalnya tutorial memasak, membuat kerajinan tangan, atau tips-tips menarik yang akan dibutuhkan sesama ibu rumah tangga.

Yang terpenting sebelum menjatuhkan pilihan ide usaha bisnis online tanpa modal yang anda inginkan, perhitungkan ketersediaan waktu anda di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui!