Wednesday, December 13, 2017

Ini Dia 7 Cara Hidup Sehat dalam Sehari!

Tips Cara Hidup Sehat dalam Sehari

Siapapun pasti ingin hidup lebih sehat, termasuk Anda, bukan? Seringkali padatnya aktivias sehari-hari membuat Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga atau memperhatikan hal-hal kecil lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan. Sebetulnya tidak sulit kok menerapkan pola hidup sehat dalam sehari, dan Anda pasti bisa melakukannya. Nah, ini dia cara hidup sehat dalam sehari:

Cara Hidup Sehat dalam Sehari
sumber: wordpress.com

1. Air

Bangun tidur pagi, minumlah segelas air putih. Minum air putih mampu membersihkan tubuh dari racun, plus mencegah dehidrasi. Kalau Anda kurang suka dengan rasanya, coba tambahkan lemon atau jeruk nipis. Atau, buatlah minuman lemon hangat dicampur madu. Hindari memulai hari dengan minuman bersoda atau berkafein. Jus buah segar jauh lebih baik.

2. Jalan kaki

Pola hidup sehat aktif, salah satunya dengan memperbanyak jalan kaki, dapat menurunkan resiko penyakit diabetes, hipertensi, jantung, serta kolesterol. Sedikitnya dalam sehari, sempatkanlah berjalan kaki selama 30-60 menit. Seperti dilansir klikdokter.com, perhitungan tersebut hampir sama dengan perhitungan 10.000 langkah setiap hari yang populer di Jepang.

3. Udara segar

Menghirup udara segar setiap hari bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Anda tak perlu pergi ke pegunungan atau pedesaan, cukup hindari udara kotor seperti  asap rokok. Kebersihan rumah Anda juga harus diperhatikan. Usahakan buka semua jendela rumah setiap pagi untuk sirkulasi udara yang baik.

4. Sarapan

Nah, jangan sampai lupa makan pagi! Sarapan merupakan sumber tenaga untuk tubuh Anda sebelum melakukan berbagai aktivitas, jadi sebaiknya Anda tidak melewatkan makan pagi. Untuk pilihan menu sehat sarapan Anda, cobalah beragam pilihan dalam artikel Pilih Menu Tepat Untuk Sarapan Sehat Berkualitas.

5. Konsumsi makanan/minuman alami

Pada waktu makan (pagi, siang, malam) atau snack time, konsumsilah makanan dan minuman yang alami, tanpa bahan pengawet. Pilihlah makanan-makanan yang kaya serat, vitamin, tidak berlemak, serta minuman yang kandungan gulanya sedikit, atau susu kaya kalsium. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Waktu tepat yang dianjurkan untuk makan buah adalah sebelum makan, agar energi dari buah tidak tersimpan percuma di dalam tubuh.

6. Jaga kebersihan

Kesehatan berawal dari kebersihan diri dan lingkungan sekitar Anda. Usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, juga setalah Anda berinteraksi dengan benda-benda yang berpotensi membawa kuman. Cuci kaki dan muka setelah beraktivitas, ganti kaus kaki dan pakaian setiap hari, dan mandi dengan cara yang benar (baca: Mandi yang Benar dan Sehat … )

7. Berpikir positif

Pikiran Anda juga mempengaruhi kesehatan lho! Karenanya, berpikirlah positif setiap hari: hindari stres, kurangi kebiasaan mudah panik atau terlalu cemas akan sesuatu. Tersenyumlah, karena senyuman membantu ‘menyihir’ pikiran dan hati Anda untuk tetap tenang.

Nah, mudah sekali kan untuk menjalankan pola hidup sehat dalam satu hari? Lakukan kebiasaan sehat ini setiap hari, dan mari sambut hidup lebih sehat!