Tuesday , August 14 2018
Home / Edukasi / Ini Kriteria Sekolah Terbaik untuk Anak!

Ini Kriteria Sekolah Terbaik untuk Anak!

Kriteria Sekolah Terbaik Ini Perlu Anda Tau!

Saking banyaknya pilihan sekolah yang ada saat ini, mulai dari sekolah negeri berkualitas, sekolah berbasis agama, sekolah bertaraf internasional, atau sekolah berpola khusus semacam sekolah alam, mungkin malah membuat Anda semakin pusing untuk menentukan pilihan. Tentu wajar jika Anda sempat bingung karena memilih sekolah terbaik untuk si kecil memang harus dilakukan dengan sangat cermat. Sekolah yang baik dan sesuai tidak hanya menentukan masa depannya kelak, tetapi memiliki sumbangsih besar dalam membentuk karakter pribadi dan perilakunya.

kriteria sekolah terbaik
sumber: molto.co.id

Jika Anda hendak memilih sekolah Taman Kanak-Kanak ataupun sekolah dasar terbaik untuk anak, beberapa hal berikut merupakan kriteria sekolah terbaik patut menjadi perhatian Anda.

  1. Lingkungan sekolah. Hendaknya Anda sebagai orang tua memilih sekolah yang serba tertib, teratur, bersih, aman, dan nyaman. Adakah Anda menjumpai sampah di sudut-sudut sekolah? Bagaimana dengan kebersihan kamar mandinya? Adakah penjual keliling dalam lingkup sekolah?

Lingkungan sekolah merupakan poin utama untuk menunjang konsentrasi belajar anak. Dengan lingkungan yang kondusif, anak tidak akan terganggu oleh hal-hal apapun selain belajar.

  1. Visi dan misi sekolah. Saat ini banyak terdapat sekolah privat dengan visi dan misi yang tidak jelas, bahkan bisa jadi bertentangan dengan Undang-Undang. Tentu Anda tidak mau anak Anda dicekoki paham-paham yang bertentangan dengan peraturan perundangan negara bukan?
  2. Guru sekolah. Karena guru adalah wakil orang tua saat di sekolah, tentu Anda harus menentukan bahwa sekolah memiliki guru yang profesional dan berkualitas. Untuk guru TK sebaiknya telah mendapatkan kualifikasi pendidikan PAUD. Sedangkan guru sekolah dasar harus menempuh S1 sesuai dengan bidangnya.
  3. Sistem belajar. Tentu ini harus menjadi menu utama untuk diperhatikan. Bagaimanakah sistem belajar mengajar di sekolah tersebut dilaksanakan? Apakah sistem tersebut sudah sesuai dengan garis besar yang ditetapkan pemerintah? Apakah sistem tersebut mencakup pendidikan nilai dan karakter?
  4. Output dan prestasi yang dihasilkan. Anda dapat menentukan kualitas sistem belajar suatu sekolah dengan melihat output yang dihasilkan. Berapa banyak lulusan sekolah tersebut yang bisa masuk sekolah favorit? Adakah prestasi cemerlang yang diraih sekolah di berbagai kompetisi?
  5. Fasilitas sekolah. Selain fasilitas belajar mengajar seperti kelas yang kondusif, Anda juga perlu memperhatikan ketersediaan sentral bermain, beribadah, berolah raga, dan keterampilan. Fasilitas bermain, beribadah, berolah raga, dan kesenian dapat mengasah 5 hal penting yang harus dikuasai anak yaitu aspek intelektual, jasmani, spiritual, sosial, dan emosional.
  6. Kegiatan intra, ekstra, dan co-kurikuler yang seimbang. Pendidikan yang baik adalah pendidikan menyeluruh yang tidak hanya menyasar aspek kognitif. Berbagai kegiatan di luar pembelajaran dapat mengasah kemampuan intelektual, emosional, sosial, dan kreatifitas anak.
  7. Biaya. Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua sekolah mahal memiliki sistem pendidikan yang baik dan tidak semua sekolah murah berkualitas buruk. Saat ini pemerintah telah memberikan pendidikan dasar gratis. Karena itu akan lebih baik rasional bila Anda memilih sekolah berbiaya terjangkau dengan kualitas baik.
  8. Kerjasama antara sekolah dan wali murid. Ini merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Adakah sekolah tersebut memfasilitasi orang tua murid untuk dapat memantau perkembangan pendidikan anak di sekolah?
  9. Jarak. Sebaiknya Anda memilih sekolah yang cukup dekat dengan tempat tinggal sehingga anak masih memiliki waktu khusus untuk bermain dan berkumpul keluarga di rumah.


Dengan 10 kriteria sekolah berkualitas tersebut, Anda tentu tidak perlu bingung lagi memilih bukan?

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

baru masuk kuliah

Baru Masuk Kuliah, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Persiapan Ketika Baru Masuk Kuliah Dunia kampus tentu jauh berbeda dengan dunia sekolah putih abu-abu. …