Monday , August 20 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Ini Pentingnya Cek Kesehatan Secara Rutin!

Ini Pentingnya Cek Kesehatan Secara Rutin!

Mengapa Cek Kesehatan Secara Rutin itu Penting?

Dalam setahun, berapa kali Anda pergi ke dokter, klinik, atau puskesmas untuk melakukan cek kesehatan secara rutin? Atau Anda hanya ke dokter ketika sudah terserang penyakit? Hmm… tahukah Anda, bahwa ternyata penting sekali untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (general check up) untuk mengetahui kondisi kesehatan secara dini. Ini berlaku untuk semua kalangan usia, bukan hanya mereka yang sudah memasuki usia 50 tahun atau lansia.

Menurut para dokter dan pakar kesehatan, semua orang di usia produktif sebaiknya melakukan tes kesehatan, setidaknya dua kali setahun, untuk pencegahan penyakit sejak dini. Makin dini penyakit terdeteksi, maka makin mudah pula diobati.

Nah, berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan tentang cek kesehatan atau general check up:

1. Yang diperiksa

Hampir seluruh bagian tubuh Anda bisa dipantau kondisi kesehatannya melalui general check up, seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, telinga, mata, dan gigi. Sistem metabolisme tubuh seperti asam urat, kolesterol, dan gula darah juga ikut diperiksa. Sedangkan pemeriksaan otak biasanya hanya dilakukan jika ada keluhan gejala kelainan fungsi otak. Khusus wanita yang sudah menikah atau perempuan diatas 20 tahun, Anda bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) atau tes pap smear untuk deteksi dini kanker serviks/leher rahim.

2. Biaya

Biaya tes kesehatan di tiap klinik atau rumah sakit berbeda-beda, terutama jika tes yang ditawarkan berupa paket berdasarkan kebutuhan, misalnya paket cek kesehatan pranikah. Yang jelas, carilah informasi melalui internet atau kerabat untuk membantu Anda menemukan tempat tes kesehatan yang memenuhi standard dan profesional dengan biaya terjangkau.

3. Beranikan diri

Tak perlu takut memeriksakan kesehatan, karena sejatinya ini dilakukan demi kebaikan diri Anda sendiri. Buang rasa cemas dan panik, tak usah membayangkan hasil tes, yang terpenting adalah mengetahui kondisi tubuh Anda. Jangan lupa untuk menanyakan prosedur pemeriksaan, misalnya apakah Anda harus berpuasa 12 jam, melakukan tes urine, dan sebagainya.

4. Kapan harus periksa?

Cek kesehatan secara menyeluruh ini bisa dilakukan kapan saja tanpa menunggu keluhan muncul, dan bukan cuma ketika akan menikah atau memenuhi syarat tes kesehatan saat melamar pekerjaan. Terutama jika Anda mengetahui bahwa orangtua memiliki riwayat penyakit yang bisa diturunkan secara genetik, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan penyakit tersebut.

5. Periksa sendiri

Memang tidak semua kondisi kesehatan tubuh bisa Anda periksa sendiri tanpa bantuan medis. Namun Anda bisa membaca beberapa gejala gangguan kesehatan dengan cara:

  • Perhatikan kerontokan rambut Anda. Masih normal jika dalam sehari rambut yang rontok berjumlah tidak lebih dari 100 helai. Anda butuh berkonsultasi dengan dokter jika mengalami kerontokan rambut yang parah.
  • Perhatikan bagian putih pada mata, yang berubah menguning atau memerah, untuk mengenali gejala alergi, infeksi, serangan herpes, selesma, dan lain-lain.
  • Perhatikan kondisi dan warna kuku karena ada banyak gejala gangguan kesehatan yang bisa dideteksi dari kesehatan kuku, seperti kanker kulit dan penyakit ginjal.

Nah, sudahkah Anda memeriksakan kesehatan tahun ini?

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …