Tuesday , August 14 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Inilah Kefir Susu Fermentasi Kaya Manfaat

Inilah Kefir Susu Fermentasi Kaya Manfaat

Anda Mengenal Kefir? Susu Fermentasi Kaya Manfaat

Anda pernah mendengar minuman bernama Kefir? Kalau belum, tidak perlu heran karena memang kefir susu fermentasi yang kaya manfaat ini lebih dikenal di negeri-negeri barat (non muslim) padahal kefir merupakan warisan Islam untuk kesehatan dunia. Kefir pertama kali terkenal sekitar tahun 1908 di Moscow, kemudian mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia.

kefir
sumber: leker.de

Kefir merupakan produk susu fermentasi, seperti yogurt, namun rasanya sedikit lebih unik. Proses pembuatan kefir menggunakan biji kefir yang dimasukkan ke dalam susu (yang sebelumnya sudah dipanaskan dan didinginkan). Kemudian didiamkan selama 20-24 jam. Gumpalan susu yang dihasilkan dari proses fermentasi itu lalu disaring sehingga biji kefir terpisah dari minuman kefir untuk diminum. Kefir bisa bertahan 1-3 hari dalam lemari pendingin (kumpulan info.com).

Nah, minuman ini dikatakan lebih hebat manfaatnya dibandingkan yogurt. Kenapa?

1. Pengganti susu

Untuk Anda atau anak-anak yang tidak cocok dengan susu (penderita lactose intolerance), kefir merupakan minuman alternatif yang tepat. Laktosa yang biasa terdapat pada susu telah diurai oleh bakteri kefir menjadi asam laktat yang cukup aman bagi penderita lactose intolerance.

2. Meringankan proses pencernaan

Sebuah penelitian di Amerika tahun 2013 mengungkapkan bahwa multienzim pada susu fermentasi yang satu ini mampu mencegah dan mengobati berbagai masalah pencernaan (huffingtonpost.ca). Kombinasi asam laktat dan multienzim kefir juga bisa membersihkan saluran pencernaan sekaligus menyehatkan ginjal, lambung, dan usus.

3. Mengendalikan berat badan

Kefir (tanpa pemanis tambahan) mengandung 10.5 gram protein, kurang dari 100 kalori, dan kandungan zat alaminya ikut berperan dalam mengendalikan kadar lemak darah.

4. Mencegah infeksi virus

Penelitian di Jepang menyebutkan bahwa minuman ini menghasilkan 14 kali lebih banyak senyawa glikoprotein yang berperan penting melawan virus (jogjakefir.blogspot). Vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya mengandung antioksidan, membersihkan racun, serta membantu mengoptimalkan metabolisme dan daya tahan tubuh.

5. Mencegah penyakit paru-paru dan jantung

Kandungan nutrisinya mampu meningkatkan kinerja paru-paru, mencukupi cadangan sel darah putih dalam tubuh, dan menguatkan otot jantung. Kefir juga terbukti efektif meredakan penyakit bronkitis serta menyembuhkan infeksi saluran pernafasan atas.

6. Memperkuat tulang

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi berperan menguatkan tulang sehingga mencegah osteoporosis, sekaligus membantu proses regenerasi tulang yang patah dan menyehatkan kuku. Kefir juga dianjurkan bagi wanita hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu dan janin.

7. Menyegarkan badan

Kefir dipercaya menimbulkan efek relaksasi dan menyegarkan badan. Kandungan B12 dan B1 pada kefir juga dapat meredakan stres.

8. Menyehatkan kulit

Di beberapa negara, kefir juga dimanfaatkan sebagai lulur kecantikan untuk perawatan kulit tubuh dan wajah karena kandugan nutrisinya yang sudah teruji klinis.

9. Mempercepat proses penyembuhan

Minuman kefir aman dikonsumsi pasien penyakit apapun karena kemampuan kefir meningkatkan metabolisme tubuh sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan, termasuk pasien pasca operasi.

10. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Kefir juga mampu mengendalikan kolesterol jahat dan tekanan darah dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain kefir bagi tubuh, asalkan Anda mengonsumsi kefir yang tidak mengandung pemanis atau gula tambahan. Nah, berniat mencoba minuman kefir?

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …