Thursday, December 14, 2017

Inilah Manfaatnya Bila Anda Rajin Membaca Istighfar

Ternyata Membaca Istighfar Banyak Manfaatnya!

Pendek, sederhana, dan mudah diingat. Mungkin ini pendapat kebanyakan umat islam tentang bacaan istighfar. Umumnya, bacaan istighfar yang berbunyi “Astahgfirullah” atau lengkapnya “Astaghfirullahhala’dhim di baca seusai shalat ketika berzikir, ketika melakukan sebuah kesalahan, ketika melupakan sesuatu, ataupun ketika mengalami sesuatu yang buruk. Tetapi tahukah Anda bahwa dibalik lafad yang sederhana dan mudah diingat ini terkandung beragam manfaat yang dahsyat di dunia dan akhirat? Mungkin Anda tidak pernah membayangkannya.

rajin membaca istighfar
sumber: ibtimes.co.uk

Keutamaan lafad Istighfar kerap disebut dalam hadis Rasul dan Beliau yang merupakan manusia yang dapat masuk surga tanpa hisab selalu mengamalkan bacaan ini sedikitnya seratus kali dalam sehari. Berikut manfaat dahsyat dibalik rajin membaca Istighfar.

 

1. Dapat meninggikan derajat seseorang di akhirat

Sebuah hadis menceritakan tentang seseorang yang mendapatkan derajat tinggi di akhirat karena lafad istighfar yang dibacakan oleh sang anak kepadanya. Hal ini menunjukkan betapa kuat doa anak pada orang tua.

2. Menjadi sebaik-baiknya orang yang bersalah

Lafad istighfar menunjukkan bahwa seseorang menyadari bahwa dirinya tidak pernah luput dari kesalahan. Karena itu, membaca istighfar merupakan sebuah bentuk introspeksi diri untuk menjadi diri yang lebih baik lagi.

3. Menggembirakan Allah dan Mengecewakan syaitan

Tidak hanya memperbaiki diri, lafad istighfar ternyata merupakan suatu bentuk usaha untuk menggembirakan Allah dan eminta taubat atas segala dosa dan bila dibaca terus-menerus akan membuat syaitan berputus asa dari usaha menjerumuskan manusia pada perbuatan dosa.

4. Dapat mengampuni segala dosa sehingga membebaskan seseorang dari azab

Tidak hanya bergemsekaligus dapat mengecewakan syaitan. Istighfar menandakan bahwa seseorang mbira, Allah akan mengampuni dosa-dosa orang yang tak henti-hentinya bertaubat dengan membaca istighfar. Meskipun orang tersebut terus berbuat dosa, lafad istighfar akan mengembalikan dirinya pada fitrahnya yang suci. Dengan demikian, dirinya akan terbebas dari azab maha pedih di akhirat.

5. Mengusir kesedihan, melapangkan kita dari berbagai kesempitan, dan melancarkan rezeki

Selain manfaat-manfaat di atas, ternyata bacaan istighfar dapat membantu kita menjalani segala kesusahan hidup. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang menyatakan bahwa seseorang yang senantiasa beristighfar akan akan mendapatkan anugerah kegembiraan dari Allah. Selain itu Allah juga akan membantunya lepas dari segala kesempitan hidup dan juga menganugerahinya rezeki yang tidak disangka-sangka. Anda masih menyangsikan manfaat Istighfar?