Wednesday, December 13, 2017

Jomblo Antimainstream: Penuh Prestasi dan Percaya Diri (~Remaja)

Tak Percaya Diri Karena Jomblo? Baca yang Satu Ini!

Menjadi jomblo di masa sekarang mungkin sedikit menantang. Bukan karena di jaman dahulu tak pernah ada orang yang tak punya kekasih, tapi karena dulu, itu tak jadi soal. Munculnya istilah relationship goal, saturdate, dan tren-tren baru pergaulan yang bakal lebih seru jika dilakukan bersama kekasih pujaan hati, membuat para jomblo semakin tersingkir dan kadang dibuat nyengir.

jomblo
sumber: cloudfront net

Namun demikian, hal tersebut harusnya bukan menjadi soal yang serius. Berikut, beberapa alasan kenapa menjadi jomblo sebenarnya lebih menguntungkan untuk kamu para remaja:

1. Jomblo itu bebas

Tak sedikit pasangan kekasih yang begitu terikat dan mewajibkan satu sama lain harus meminta ijin jika ingin memutuskan ini dan itu. Dengan menjadi jomblo, kamu tak perlu dipusingkan dengan hal itu. Kamu bisa bebas melakukan apa yang kamu suka, berteman dengan siapa saja, bahkan pergi kemana saja.

2. Jomblo itu mandiri

Dimanjakan oleh pasangan terus-terusan bisa membuat kamu menjadi manja dan tergantung. Menjadi jomblo tak kenal ketergantungan. Mandiri dan percaya diri melakukan segala sesuatu sendiri akan membuat dirimu menjadi tangguh dan bisa diandalkan.

3. Jomblo itu berkualitas

Memikirkan tempat kencan tiap akhir minggu, menentukan baju terbaik apa untuk kencan, menangis semalaman karena bertengkar dan cemburu, was-was karena sang kekasih dekat dengan teman, bukanlah hal yang tak menguras waktu, pikiran, dan perasaan. Dengan menjadi jomblo, kamu tak perlu membuag-buang waktu dan energi untuk semua hal itu. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk melakukan hal-hal yang lebih menarik dan bermanfaat untuk dirimu, membuat rencana besar atau ide usaha yang akan segera kamu kembangkan atau menyiapkan diri untuk tes masuk perguruan tinggi yang kamu impikan.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menjadi jomblo yang percaya diri dan penuh prestasi?

1. Hargai dirimu sendiri

Yang paling penting dan pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus menghargai dirimu sendiri. Lihatlah dirimu sendiri secara positif. Setiap orang punya potensi dan kamu pun demikian. Kamu masih muda, dan kini saatnya mengembangkan bakat dan potensimu–bukan memusingkan diri dengan urusan hubungan lawan jenis. Perjalanan masih panjang, girl!

2. Buat orang melihat dirimu bukan ada atau tidak pasangan di sampingmu

Kamu pandai bergaul dengan orang lain? ikutlah organisasi, ambil andil aktif dalam setiap kegiatan, temukan kesibukan dan kegiatan yang menyenangkan dan menambah nilai pada dirimu. Atau kamu suka berselancar di internet? mulailah buat blog, aktif menulis dan kembangkan bakatmu, ada begitu banyak referensi yang bisa kamu temukan di sana. Tak sedikit remaja yang sukses dengan blogging.

Oh! kamu tidak tau apa bakat dan potensimu?! Cari! temukan! coba! kamu pasti punya!

3. Ciptakan sesuatu

Berkarya tak harus menunggu tua, kamu bisa memulai impian masa depanmu sekarang, saat ini. Bisa jadi itu sebuah toko online, novel, atau bahkan rancangan baju.

4. Hargai orang lain

Bagaimana cara orang menghargaimu bisa tergantung pada bagaimana kamu menghargai mereka. Hargai orang lain dan hormati tiap perbedaan yang kalian miliki; termasuk, ketika orang berkomentar negatif dengan kejombloanmu. Tak perlu marah atau tersinggung, balas dengan senyuman atau gurauan. Ketika hal itu tak mengganggumu orang akan menjadi lebih menghargai dan menghormati.

5. Fokus pada potensi diri

Tak perlu melihat betapa bahagianya teman-temanmu yang memiliki kekasih, atau sedih melihat foto-foto instagram pasangan-pasangan romantis itu. Fokuslah pada dirimu dan buat diri sendiri menjadi lebih baik.

6. Berbahagialah

Pribadi yang bersinar adalah pribadi yang penuh kepercayaan diri dan kebahagiaan hati. Bersyukur atas tiap hal yang kamu miliki saat ini akan membuat dirimu lebih percaya diri dan bahagia. Dan itu akan membuat orang lain akan melihat dirimu menjadi seorang pribadi yang berkualitas! Jadi, masih sedih jadi jomblo? 😀