Wednesday, December 13, 2017

Kampoeng Anggrek Kediri: Wisata Hits di Lereng Gunung Kelud

Kampoeng Anggrek Kediri: Wisata Edukasi Menarik di Kediri selain Simpang Lima Gumul dan Gunung Kelud

Berakhir pekan bersama keluarga kini menjadi tren yang asik dan patut dilakukan. Selain bisa mempererat ikatan diantara anggota keluarga, pergi mengunjungi tempat baru selalu bisa menambah pengalaman dan pengetahuan untuk anak-anak tercinta. Dan Kampoeng Anggrek Kediri bisa menjadi salah satu tujuan wisata akhir pekan yang menarik.

Kampoeng Anggrek Kediri
Area Masuk Kampoeng Anggrek Kediri

Terletak di desa Sempu, Ngancar, Kediri. Anda bisa menempuh rute menuju Wisata gunung kelud dari arah kota kediri. Jika Anda telah sampai kawasan hutan di desa Ngancar, Anda akan bertemu dengan sebuah persimpangan. Ambil jalan yang mengarah ke kanan (selatan). 2 km kemudian Anda akan bertemu dengan perusahaan perkebunan PT SUmber Sari Petung, dari sana, Anda akan bisa menemukan banyak petunjuk jalan yang mengarah ke Kampoeng Anggrek. Atau, jika ingin lebih mudah, Anda cukup menyalakan GPS di gadget Anda dan mengetikkan “Kampoeng Anggrek Kediri”, mudah bukan ūüėÄ

Lokasi Kampung Anggrek Kediri ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Apa yang menarik dari tempat wisata yang satu ini? Berikut liputan gendies.com langsung dari Kediri:

1.Laboratorium Kultur Jaringan

kampoeng anggrek kediri
Icon Kampoeng Anggrek Kediri

Didirikan pada tahun 2015, ternyata Kampung Anggrek ini dibangun tak hanya untuk dijadikan tempat wisata, tempat ini juga memiliki Laboratorium Kultur jaringan yang melakukan kloning Anggrek pertama di Indonesia. Laboratorium ini menargetkan untuk mampu melakukan kloning massal Anggrek dalam 3 tahun kedepan; nantinya Anggrek-anggrek ini bisa dipasarkan di pasar internasional.

2. Green House dan Pojok Satwa

kampoeng anggrek kediri
Burung Hantu di Kampoeng Anggrek Kediri

Di area seluas 5 hektar ini terdapat beberapa green house besar berisi aneka ragam anggrek yang tumbuh subur dan cantik terawat. Ada juga pojok satwa dengan beberapa hewan kesukaan anak-anak diantaranya: Burung hantu, 2 kelelawar hitam raksasa, beberapa spesies kera, burung, dan ikan.

3. Playground

Ada juga area playground untuk anak-anak di dekat kolam ikan dan salah satu greenhouse. Namun, untuk wahana bermain seperti bianglala atau kereta kelinci hanya buka pada hari-hari libur atau akhir pekan saja. Selebihnya, hanya ada beberapa ayunan.

4. Kantin

Jika Anda lapar, ada 2¬†area yang dilengkapi kantin; pertama di pintu masuk area Kampung Anggrek dan kedua di atas kolam ikan–dekat dengan salah satu greenhouse. Hmm dengan suasan asri yang sejuk, akan sangat nikmat menyantap makanan sambil menikmati pemandangan sekitar Kampung Anggrek dari atas kolam ikan.

5. Musholla

Meski kecil, musholla di tempat wisata ini sangat bersih dan dilengkapi dengan tempat wudlu dan kamar mandi yang juga sangat terjaga kebersihannya.

Ada satu hal yang menarik perhatian saya saat menggunakan toiletnya, di dinding toilet ditempel sebuah gambar tentang cara identifikasi tubuh yang mengalami dehidrasi dari warna air seni. Hmm, cukup edukatif juga tempat ini!

6. Suasana Asri

wisata gunung kelud
Gazebo di Kampoeng Anggrek Kediri

Selain karena berada di lereng gunung kelud, penataan taman yang menarik dan cantik serta fasilitas gazebo yang cukup banyak membuat tempat ini menjadi tempat yang cukup ramah keluarga dan enak digunakan untuk bersantai dan melepas penat. Apalagi jika Anda bisa datang di luar akhir pekan atau hari libur, rasanya sungguh damai dan nyaman.

Selain asri dan nyaman, tempat ini bisa menjadi tempat edukasi yang cukup lengkap, khususnya jika ingin belajar tentang anggrek. Anda bisa datang kesini bersama anak-anak atau siswa Anda untuk mengenal lebih dekat tentang ragam Anggrek sekaligus mengetahui cara pengembangbiakannya. Oh, iya, biaya¬†masuk Kampung¬†Anggrek Kediri ini cukup 6000/orang. Murah bukan! ūüôā