Wednesday, December 13, 2017

Ibu, Ini Tiga Trimester Penting Kehamilan!

Informasi Kehamilan mengenai Tiga Trimester Penting dalam Masa Kehamilan

Usia kehamilan rata-rata adalah 40 minggu. Namun melahirkan dua minggu sebelum atau sesudah perhitungan tersebut masih bisa dianggap normal. Janin pada umumnya memerlukan waktu sekitar 38 minggu untuk berkembang sempurna sampai waktu lahir tiba. Secara medis perhitungan tersebut dimulai dari hari pertama haid terakhir ibu. Sekitar seminggu setelah masa haid, ibu berada pada masa subur dan biasanya pembuahan terjadi pada masa ini. Jika berhasil terjadi pembuahan maka janin pun mulai terbentuk dan kehamilan pun dimulai.

kehamilan
sumber: blogspot.com

Pada umumnya, masa kehamilan dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap 3 bulan pertama, 3 bulan kedua, dan 3 bulan ketiga. Itulah sebabnya tahapan ini dikenal dengan trimester kehamilan. Nah, masing-masing tahap ini ditandai dengan perubahan dan perkembangan pada diri si ibu maupun janin. Berikut keterangan lengkapnya:

1. Trimester pertama (trimester awal)

Trimester ini adalah periode waktu antara minggu satu hingga tiga belas. Pada masa ini, utamanya di minggu-minggu awal, banyak ibu yang tidak menyadari bahwa dirinya sudah mulai hamil. Hal ini wajar saja, karena memang belum terjadi perubahan pada dirinya. Saat masuk kurang lebih minggu ketiga, biasanya payudara mulai merasa membesar, atau paling tidak mengeras. Perut bagian bawah mulai terasa keras atau mengencang. Itulah tanda bahwa pembuahan berhasil terjadi dan ibu bisa dipastikan sedang hamil. Jika ibu merasakan hal ini, lakukan test awal dengan menggunakan test pack, kemudian periksalah ke bidan atau dokter untuk memastikan kehamilan ibu. Lebih cepat akan lebih baik, karena ibu semakin siap untuk menyambut kehamilan.

Baca juga: Info Kehamilan: Serba-Serbi Kehamilan yang Perlu Ibu Tau!

Selain payudara yang membesar, dan perut bawah yang kencang, ibu biasanya mengalami apa yang biasa disebut morning sickness atau mual. Hampir 90% wanita hamil mengalami hal ini ada masa awal kehamilan. Atasi dengan cara makan dengan porsi sedikit, lebih banyak minum air putih dan buah segar. Boleh mengkonsumsi buah masam tapi jangan yang terlalu masam, semisal stroberi,karena justru akan meningkatkan asam lambung yang justru menambah mual perut ibu. Jika mual dan muntah sudah sangat mengganggu kondisi tubuh ibu, sebaiknya konsultasikan ke bidan atau dokter.

2. Trimester kedua (trimester tengah)

Trimester ini adalah periode waktu antara minggu ke-14 sampai minggu ke-27. Pada minggu ke-12 kehamilan atau di akhir-akhir trimester pertama, bayi sudah terbentuk dengan baik. Dan di trimester kedua ini ia fokus pada pembentukan organ-organ tubuh dan perkembangan sarafnya. Selain itu, bayi juga mengalami pertambahan ukuran dari minggu ke minggu. Dan pergerakannya pun juga mulai bisa dirasakan.

Untuk ibu, masa trimester kedua ini adalah masa kehamilan yang paling nyaman. Si ibu biasanya akan terasa lebih berenergi dan nyaman dibanding pada masa trimester awal meskipun terkadang di awal- awal trimester ini mual masih terasa. Namun demikian,ibu harus tetap berhati-hati dalam beraktifitas. Jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat atau melelahkan karena bisa mempengaruhi kondisi bayi.

3. Trimester ketiga (trimester akhir)

Resminya adalah usia kehamilan di minggu ke-28 sampai minggu ke-40. Pada tahapan ini bayi sudah menyerupai manusia, lengkap dengan semua organ. Mulai dari wajah yang tampak jelas, hingga tangan dan kakinya. Bayi juga sudah mulai mempunyai pola aktifitas. Pergerakan, tendangan dan perubahan posisi sering sekali sangat terasa. Dia akan terus bergerak sampai menemukan posisi yang pas di rahim ibu hingga waktu persalinan.

Untuk ibu, biasanya rasa lelah akan lebih sering menghampiri. Namun ibu tetap tidak boleh malas. Tetap lakukan aktifitas-aktifitas sederhana sambil mempersiapkan persalinan si buah hati tercinta.

Baca juga: Ibu, Pantangan Ibu Hamil Berikut Wajib Dihindari Ya!