Monday, January 22, 2018

Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Guru Sekolah Anak

Ini Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Guru Sekolah Anak Anda!

Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan terbaik di rumah dalam lingkup keluarga, maupun di sekolah dalam lingkup civitas akademika. Untuk memastikan bahwa si kecil mendapatkan pendidikan terbaik, lazimnya orang tua akan memilih sekolah terbaik yang menawarkan sistem pendidikan menyeluruh demi tumbuh kembang potensi anak.

menjaga hubungan baik dengan guru sekolah
sumber: molto.co.id

Tetapi tentu saja itu tidak cukup, menjaga hubungan baik dengan guru sekolah adalah suatu kejarusan agar Ayah Bunda dapat memantau perkembangan anak secara konsisten. Berikut ini adalah beberapa kiat cerdas untuk menjaga hubungan baik dengan guru sekolah anak.

1. Selalu membantu anak untuk siap belajar di sekolah

Orang tua harus membantu anak untuk siap belajar di sekolah baik secara mental dan fisik. Ini artinya di rumah Ayah Bunda harus memenuhi kebutuhan si kecil seperti sarapan yang bergizi, peralatan sekolah, seragam, pekerjaan rumah, dan juga suasana rumah kondusif yang membuat mereka percaya diri untuk belajar hal-hal baru.

2. Menghubungi guru sekolah untuk memantau perkembangan anak

Menghubungi guru sekolah untuk memantau perkembangan anak setidaknya sekali per semester. Untuk dapat bekerjasama dengan guru sekolah, Ayah Bunda tentu harus memantau perkembangan si kecil di sekolah dengan cara berkonsultasi dengan guru sekolah kalau-kalau ada permasalahan yang dihadapi si kecil. Tetapi jika Ayah Bunda merasa guru sekolah berlaku tidak adil, jangan serta merta marah membabi buta. Coba tanyakan dan mintalah klarifikasi dengan penuh kesopanan.

3. Selalu menghormati guru dan mengajari anak sikap menghormati guru

Dewasa ini sering kita dapati hubungan guru murid yang tidak lagi sesuai etika. Begitu juga dengan hubungan guru dan wali murid. Karena itu, alangkah mulianya jika mulai dari sekarang kita menanamkan sikap menghormati guru anak kita agar menjadi contoh bagi si kecil.

4. Lakukan hal-hal kecil untuk memberi dukungan bagi guru sekolah

Mengajar bukanlah hal yang ringan. Karena itu, sebagai orang tua sebaiknya kita memberikan dukungan kecil pada kerja keras guru sekolah. Misalnya saat si kecil bercerita tentang hal menarik yang diajarkan guru sekolah, Ayah Bunda dapat mengirimkan hadiah kecil beserta tulisan berisi apresiasi akan cara mengajar mereka.

5. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah.

Guru sekolah juga pasti sangat mengapresiasi orang tua siswa yang selalu aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan sekolah seperti acara liburan bersama, acara amal, konsultasi akademik, sampai dengan lomba-lomba.

Menjaga hubungan baik dengan guru sekolah tentu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan anak kita.