Wednesday , September 26 2018
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Komedo Hitam dan Putih? Ini Cara Mengatasinya?

Komedo Hitam dan Putih? Ini Cara Mengatasinya?

Tips Mengatasi Komedo Hitam dan Putih

Suka sebel karena komedo hitam dan putih membandel di wajah? Komedo ini merupakan penumpukan kotoran pada pori-pori kulit atau adanya sel kulit mati dan kelenjar minyak berlebih. Sebenarnya ada dua jenis komedo: komedo hitam (yang muncul pada pori-pori wajah) dan komedo putih (yang berupa bintik putih menonjol dari kulit wajah). Komedo hitam biasanya muncul di daerah sekitar hidung dan mata, sementara komedo putih terkadang muncul di dahi.

komedo hitam dan putih
sumber: blogspot.com

Beda jenisnya, beda pula cara mengatasinya, ladies. Komedo putih umumnya membutuhkan penanganan khusus. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan untuk mendapat perawatan, atau melakukan facial.

Nah, bagaimana dengan komedo hitam? Ada banyak cara alami (dan tentunya murah meriah) untuk melenyapkan komedo hitam dari wajah, dan Anda bisa memilih satu cara yang paling mudah Anda lakukan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi komedo hitam secara alami:

1. Putih telur

Pisahkan kuning dan putih telur. Setelah wajah dibersihkan, oleskan putih telur, kemudian diamkan sampai kering selama 10-15 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin. Anda bisa lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Uap air panas

Masukkan air panas yang baru mendidih ke dalam baskom/wadah. Dekatkan wajah Anda ke wadah tersebut selama 3-5 menit sambil menekan bagian wajah yang terdapat komedo. Setelah komedo keluar, bersihkan wajah dengan handuk kering. Perawatan mudah ini bisa Anda lakukan setiap hari.

Baca juga: Begini Cara Memakai Lulur yang Benar

3. Air garam

Campur air hangat dan sedikit garam untuk membasuh wajah yang berkomedo. Air hangat akan membuka pori-pori kulit, sementara garam membantu melepas komedo dari balik kulit.

4. Lidah buaya

Cukup oleskan getah lidah buaya pada wajah yang sudah dibersihkan. Pilih lidah buaya yang segar ya, ladies. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan ini setiap 2-3 kali seminggu.

5. Lemon

Perawatan menggunakan air lemon bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur. Caranya, gunakan perasan air lemon sebagai masker wajah, atau pijat-pijat wajah Anda dengan irisan jeruk lemon. Biarkan selama semalaman, lalu bilas wajah Anda dengan air dingin ketika bangun tidur.

Baca juga: Begini Cara Atasi Kulita Wajah Berminat Tanpa Budget Ekstra

6. Pepaya

Pepaya juga berfungsi menghaluskan kulit wajah. Anda bisa memakai masker pepaya yang dicampur madu dan susu untuk menghilangkan komedo dari wajah.

Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami lainnya yang sering dipakai untuk masker wajah. Namun, perlu diingat juga nih ladies, perawatan tersebut akan membuahkan hasil yang maksimal kalau Anda juga melakukan kebiasaan yang sehat, seperti:

  • Rutin membersihkan wajah setelah memakai make up, setelah bepergian atau sesudah beraktivitas di luar rumah
  • Perhatikan kebersihan alat make up dan pembersih wajah
  • Perbanyak konsumsi buah, sayur, air putih, dan jaga asupan vitamin dan gizi Anda
  • Kurangi makan makanan yang berlemak atau banyak mengandung minyak, seperti gorengan, untuk mencegah produksi minyak berlebih.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

memakai lulur

Begini Cara Memakai Lulur yang Benar!

Tips Memakai Lulur yang Benar! Luluran atau memakai lulur mandi umumnya dilakukan perempuan untuk mendapatkan …