Wednesday , September 26 2018
Home / Edukasi / Kuliah Sambil Kerja? Coba Pekerjaan Ini! (2)

Kuliah Sambil Kerja? Coba Pekerjaan Ini! (2)

Tips Kuliah sambil Kerja

Kata siapa kuliah sambil kerja itu tidak mungkin. Asal bisa menyesuaikan waktu dan bisa memililih pekerjaan yang sesuai, siapapun bisa melakukannya. Berikut pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu coba kerjakan sambil tetap kuliah:

kuliah sambil kerja
source: acehnews.net

1. Guru Privat

Selain mendapatkan uang yang lumayan, menjadi guru privat juga bisa menjadi lahan untuk berbagi ilmu dan mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki tuntutan waktu yang fleksibel. Untuk kamu yang baru masuk kuliah dan ingin bekerja, pekerjaan ini perlu dicoba. Kamu bisa bergabung dengan beberapa lembaga bimbingan belajar yang biasanya menjadi media penghubung antara murid dan guru privat.

2. Sales

Untuk pekerjaan yang satu ini, yang diperlukan hanya kemauan. Ada banyak produk yang bisa dijual ke kalangan teman di kampus. Mulai dari buku, pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya.

Atau, kamu juga bisa bergabung dengan beberapa perusahaan yang menyediakan lowongan freelance sales untuk produk mereka.

3. Online Shop

Ini dia yang paling ngetren saat ini. Kamu bisa mempunya toko online kamu sendiri dan bisa menjual barang-barang kamu kapanpun dimanapun, bahkan dengan pasar yang sangat luas. Modalnya? Jika tak ada modal untuk membeli produk, maka kamu bisa berjualan dengan sistem dropship (menjualkan produk milik orang lain).

4. Penjaga Toko

Ada beberapa toko dan mini market yang menyediakan lowongan untuk para mahasiswa. Di sana kamu bisa menyesuaikan jadwal kerja kamu dengan jadwal kuliah kamu. Jadi, tak perlu terjadi bentrok dan tak ada yang perlu dikorbankan.

5. Operator Warnet

Memilih pekerjaan sambil kuliah juga sebaiknya yang bisa memberikan kamu nilai lebih. Bekerja sebagai operator warnet bisa menjadi salah satunya. Kamu tak hanya mendapatkan gaji dan fasilitas internet gratis, tetapi kamu juga bisa mempelajari banyak hal dengan akses internet cepat dan fasilitas lain seperti print dan akses komputer gratis. Ini tentunya sangat bermanfaat untuk mereka yang sering banyak tugas atau sedang mengerjakan skripsi 😀

6. Freelancer

Wartawan lepas, penulis lepas, penerjemah lepas, editor lepas, dan lain-lain adalah contoh pekerjaan freelance yang bisa dipilih ketika kuliah. Mungkin sedikit membutuhkan waktu untuk dikenal, tetapi ketika namamu sudah menyebar ke jaringan freelance, kamu tak perlu takut lagi mencari sumber keuangan kamu sambil terus melanjutkan kuliah.

7. Pengrajin

Punya hobi membuat aneka ragam kerajinan dan aksesoris? lakukan dan kerjakan. Kamu bisa menjadi suplier di toko-toko atau mini market sekitar kampus atau bahkan bisa menjualnya langsung ke teman-teman di kampus.

8. Penyiar Radio

Untuk yang punya bakat menjadi penyiar, ada banyak stasiun radio yang memberikan kesempatan untuk para mahasiswa yang mau menjadi pengisi acara atau penyiar di stasiun mereka.

Nah, 8 pekerjaan di atas hanya sebagian contoh pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk dilakukan sambil bisa terus kuliah. Ternyata tak sulit bukan? yang terpenting, pandai-pandailah membagi waktu, perluas jaringan, dan jangan mudah mengeluh apalagi putus asa. Selamat mencoba!

About Junda Y

Mantan solo traveler yang masih bermimpi keliling dunia. Full time ibu rumah tangga yang bekerja sampingan menjadi penulis dan editor di gendies.com dan penerjemah lepas. Ingin berbagi tentang warna warni dunia dengan semua wanita Indonesia. ~ Dunia ini bisa jadi memang panggung sandiwara, jadi nikmati dan hayati saja peran Anda. Mari berbahagia :D

Check Also

baru masuk kuliah

Baru Masuk Kuliah, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Persiapan Ketika Baru Masuk Kuliah Dunia kampus tentu jauh berbeda dengan dunia sekolah putih abu-abu. …