Friday, June 22, 2018

Liburan Akhir Tahun ke Jogja? Jangan Lupa Kesini! (1)

Ide Akhir Tahun ke Jogja

Menjelang tutup tahun begini penat-penat akibat kerja keras sepanjang tahun tentu sudah menumpuk membebani semua anggota badan dan pikiran bukan? Aha, ini artinya sudah saatnya memikirkan rencana liburan bersama teman ataupun keluarga! Mau ke mana Anda menjinjing koper ataupun tas ransel kali ini? Bali? Lombok? Papua?

liburan akhir tahun
sumber: alindatransport.com

Tenang, bila tujuan-tujuan wisata nan eksotis tersebut mungkin terlalu jauh bagi Anda yang tinggal di Jawa, Yogyakarta bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan liburan akhir tahun Anda kali ini. Pesona Yogyakarta memang tiada habisnya! Kota unik, eksotik, dan kental dengan tradisi budaya Jawa ini menjanjikan berbagai aspek pariwisata yang lengkap. Mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah, wahana anak, kebun binatang, dan kuliner semua terbungkus dalam satu paket yang relatif terletak dekat satu sama lain. Berikut inspirasi wisata asyik di Yogyakarta untuk liburan akhir tahun Anda!

1. Menyisir wisata Pusat Kota

Mengawali wisata hari pertama, Anda dapat menyisir kawasan pusat kota dengan daftar panjang must visit placenya. Setelah sarapan mulailah dengan naik becak keliling kompleks keraton Yogya, blusukan ke dalam melihat-lihat kemegahan keraton, mampir ke pemandian Taman Sari dan Masjid Agung, berfoto di Benteng Vrederburg, asyik main di Taman Pintar, berburu souvenir unik di Malioboro dan Pasar Bringharjo, melepas penat sejenak di 0 kilometer, dan ditutup dengan naik sepeda warna-warni di Alun-alun kidul sambil menikmati malam dan hangatnya semangkuk ronde hangat. Asyik bukan?

2. Merapat ke kaki Merapi

Gunung yang tersohor kebandelannya ini memang mengerikan saat mengamuk, tetapi tetap menjadi magnet menarik bagi wisata alam. Merapat ke Merapi Anda akan disuguhi banyak resto menggoda di kanan kiri jalan, perkebunan salak, kios-kios pengrajin patung, hingga sisa-sisa keganasan amukan Wedhus gembel di museum Sisa Hartaku. Di desa Kepuharjo yang dekat dengan puncak ini, Anda bisa menyaksikan saksi bisu kedahsyatan erupsi 2010, sepeda motor terbakar, gamelan penuh abu, rumah luluh lantak, dan satu lagi, cerita heroik Mbah Maridjan!

Saat melipir turun,jangan lupa menghilangkan dahaga dengan wedang uwoh berisi rempah-rempah harum yang sedaap!

Anda dapat juga mampir ke museum tradisional Jawa Ullen Sentalu yang memiliki bangunan artistik dan berbagai koleksi menarik keraton Ngayogyakarta!

3. Menikmati kemegahan Candi-candi

Tidak usah kuatir, Yogyakarta adalah kolektor Candi terlengkap di Jawa. Anda bisa mulai dengan mengunjungi kompleks Prambanan yang artistik dan cantik, lanjut ke kompleks bebukitanIstana Ratu Boko yang megah dan luas sambil menikmati sunset atau berfoto pre wed, lalu ke Plaosan dengan 116 stupanya. Belum puas? Masih ada Sambisari, Tara, Pawon, dan Mendut yang bisa Anda nikmati arsitektur dan pelajari reliefnya!

Nah, simak 3 tujuan wisata asyik selanjutnya di 6 Inspirasi Wisata Asyik Jogja Untuk Liburan Akhir Tahun!