Wednesday, December 13, 2017

Mandi yang benar dan Sehat Bukan Sekedar Usap dan Bilas!

 

Ini Cara Mandi yang Benar dan Sehat!

Sebenarnya manfaat mandi bukan hanya untuk menghilangkan debu dan keringat dari tubuh, melainkan untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah cara mandi yang benar dan sehat.

mandi yang benar dan sehat1. Air

Pastikan air yang Anda gunakan untuk mandi adalah air bersih, jernih, dan tidak berbau. Air dingin atau air hangat? Gunakan saja bergantian. Air dingin akan menyegarkan tubuh, sementara air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun, sebaikya Anda tidak terlalu sering mandi dengan air hangat karena dapat membuat kulit Anda menjadi kering.

2. Sabun

Tahukah Anda bahwa sabun cair lebih hemat daripada sabun batangan? Lho? Bukankah sabun cair lebih mahal? Sabun cair bisa Anda gunakan sampai tetes terakhir dalam botolnya, sementara sabun batangan biasanya sudah tak lagi bisa digunakan saat ukurannya semakin mengecil. Sabun cair juga mengandung lebih banyak moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit. Dan karena dikemas dalam botol yang tertutup rapat, sabun cair juga lebih higienis.

3. Gosok dan bilas yang benar

Terkadang Anda melupakan bagian-bagian tertentu saat menggosok tubuh dengan sabun, apalagi ketika sedang terburu-buru. Luangkan waktu yang cukup untuk mandi. Sabun dan gosoklah seluruh bagian tubuh sampai ke lipatan-lipatan yang jarang terjangkau. Saat membilas pun usahakan air menyentuh semua bagian yang terkena sabun.

4. Shower puff vs spon laut

Kalau Anda suka menggunakan shower puff, terlebih ketika mandi dengan sabun cair, pastikan shower puff yang Anda gunakan berkualitas baik. Shower puff yang kasar bukannya mengangkat sel kulit mati, tetapi akan mengakibatkan iritasi kulit. Atau gunakan spon laut, yang lebih higienis dan halus. Tak perlu khawatir merusak ekosistem laut, karena kemampuan regeneratif hewan tanpa sistem syaraf utama ini cukup tinggi.

 5. Handuk

Pastikan handuk yang akan digunakan dalam keadaan benar-benar kering agar tidak memicu tumbuhnya jamur di kulit. Keringkan seluruh bagian tubuh dengan lembut. Setelah itu jemurlah handuk di bawah terik matahari. Sebaiknya handuk dicuci setiap 3 hari sekali dan dipisahkan dari rendaman pakaian lainnya.

Dan jangan lupa, sesibuk apapun Anda, mandilah 2-3 kali sehari. (poet)

One comment

  1. Thanks min, infonya sangat informatif dan menambah wawasan saya. Saya jadi tahu, gimana cara mandi yg benar

Leave a Reply

Your email address will not be published.