Saturday, February 24, 2018

Membangun Masa Depan Cerah Melalui Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingkah Pendidikan Anak Usia Dini?

Hanya segelintir orang tua yang memahami pentingnya membentuk karakter anak pada masa-masa emasnya, 0-5 tahun. Karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih dianggap pendidikan sekunder yang tidak penting. Para orang tua lebih memilih mengasuh anak-anaknya di rumah dan baru mendaftarkan sekolah TK saat usia mereka menginjak 5 tahun.

pendidikan anak usia dini
sumber: kompas.com

Sebenarnya seberapa pentingkah PAUD dalam mengembangkan diri anak? Beberapa pakar pendidikan anak menyatakan pendapat mereka mengenai pentingnya PAUD sebagaimana terangkum dalam ulasan berikut.

1. PAUD menanamkan berbagai nilai positif sejak dini

Prof. Lydia Freyani Hawadi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) mengatakan, sebaiknya anak-anak usia 2-6 tahun diikutkan PAUD karena di tempat ini anak-anak mendapat pengalaman, sosialisasi, serta pengajaran pada masa terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

PAUD dapat memberikan manfaat yang nyata terhadap perkembangan kecerdasan dan moral anak dengan menanamkan kejujuran, disiplin, cinta sesama, cinta tanah air, bahkan tentang gizi. Menurutnya, penyampaian nilai-nilai dasar tersebut semakin efektif jika diberikan sejak usia dini.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa esensi dari PAUD adalah pemberian stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang anak dan dilaksanakan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Riset telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti PAUD cenderung lebih berprestasi, ceria, berani, dan bersemangat.

2. PAUD mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak

Nono Sumarsono, Kepala Departemen Program Plan Indonesia, menyebutkan bahwa terdapat sebuah studi terhadap anak-anak yang mengikuti program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang membuktikan bahwa anak-anak tersebut cenderung lebih siap menghadapi pendidikan di sekolah dasar. Beliau menjelaskan bahwa PAUD memberikan kesempatan pada anak untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan mereka, baik aspek motorik, sosial, bahasa, maupun kognitif sesuai umurnya.

Berbagai kegiatan menyenangkan seperti bermain, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya, yang diterapkan PAUD mampu merangsang seluruh potensi kecerdasan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, karena anak merasa aman dan menikmati kegiatan-kegiatan tersebut. Anak yang belajar dan berlatih dalam suasana menyenangkan diyakini akan mampu menumbuh-kembangkan imajinasi, kreativitas, keberanian, dan kemandiriannya yang nantinya akan melahirkan generasi cerdas, tangguh, ulet, dankreatif .

Nah, Ayah Bunda, usia dini adalah periode kritis yang menentukan masa depan. Mari kita tanamkan nilai-nilai positif pada buah hati kita melalui Pendidikan Anak Usia Dini!