Wednesday, December 13, 2017

Romantisme Senja di Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira Lamongan: Secuil Kemegahan Masjidil Haram di Ujung Kota Lamongan

Masjid Namira, begitu tulisan yang tertera di depan beranda utama Masjid yang kini sedang ramai dibicarakan orang ini. Masjid yang berada di lahan seluas 7500m2 di Jl. Raya Lamongan-Mantup, Jotosanur, Tikung, Lamongan ini, nampak sangat menonjol di tengah hamparan sawah masyarakat Sanur.

masjid namira
sumber: gendies.com

Arsitektur masjid yang berbeda dari masjid-masjid di Indonesia kebanyakan, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Dan beberapa hari lalu, gendies.com berkesempatan mengunjungi masjid yang konon mendatangkan kiswah ka’bah langsung dari Mekkah ini. Berikut liputannya:

1.Lokasi Masjid Namira

Masjid Namira berada di Jl. Raya Lamongan- Mantup KM 5, Jotosanur, Tikung, Lamongan. Jika Anda hendak ke Mojokerto dari arah Gresik atau Lamongan melalui Lamongan, maka Anda akan melewati masjid yang memiliki sebuah menara yang cukup mencolok dan terlihat dengan jelas dari jalan raya.

2. Fasilitas Masjid Namira

Masjid Namira memiliki fasilitas yang lengkap; tempat parkir yang sangat luas, kamar mandi dan tempat wudlu yang sangat bersih dan baik hingga fasilitas yang hampir tidak bisa ditemukan di masjid lainnya; yaitu minuman dingin gratis dan alat bantu sholat bagi mereka yang tidak bisa berdiri atau berjalan.

Juga, terdapat kedai makanan di pintu masuk menuju area masjid di mana Anda bisa sekalian mengisi perut sembari menunaikan ibadah sholat.

3. Keunikan Masjid Namira

Masjid yang didirikan oleh seorang saudagar emas di Lamongan ini memiliki beberapa keunikan yang membuat para pengunjung terkagum-kagum. Mulai dari penataan taman yang sangat asri dan cantik, kolam ikan berisi ratusan ikan koi berbagai warna, Desain interior mewah, hingga kiswah ka’bah yang menutupi mihrab masjid Namira–yang langsung didatangkan dari Mekah.

Dan yang tak kalah unik, menurut para pengunjung yang sudah pernah mengunjungi Masjidil Haram di Mekah, aroma wewangian yang semerbak di ruang sholat masjid Namira ini sama persis seperti yang tercium di masjidil haram. Jadi jika Anda belum berkesempatan pergi ke Mekah, Anda bisa menikmati suasananya di masjid Namira ini. Menarik bukan?

4. Aktivitas di Masjid Namira

Kegiatan sholat berjamaah dan kajian agama islam rutin dilakukan di masjid yang juga mendatangkan imam sholat dari Mekah dan Mesir bulan Ramadhan lalu. Selain itu, ada juga kegiatan Musabaqah Hifdhil Quran yang bisa diikuti oleh siapa saja.

5. Waktu Terbaik

Jika Anda ingin menikmati keindahan dan menjelajah setiap sudut masjid ini, waktu terbaik untuk datang ke sini tentunya di luar jam-jam sholat karena di jam-jam sholat masjid akan penuh.

Atau, jika memungkinkan Anda bisa datang di sore hari menjelang senja. Suasana asri taman, warna langit semburat jingga, udara sejuk dari hijau-nya hamparan sawah di sekeliling masjid, kilau lampu-lampu indah di seluruh masjid, dan aroma spiritual yang kental akan meninggalkan kesan tersendiri bagi Anda.

Megah, Cantik, Romantis, seperti itu kesan yang saya dapat sore itu ketika mengunjungi Masjid Namira. Suasana yang damai diantara lantunan ayat Al-Quran menjelang Adzan Maghrib, keramaian anak-anak kecil yang begitu bersemangat berlarian menuju masjid, dan sapaan antara para jamaah menambah indahnya senja sore itu.

masjid namira lamongan
sumber: thepictacom

Semoga dengan semakin banyaknya masjid yang baik dan indah di negeri ini bisa membawa kebaikan bagi tiap pemilik dan penggunanya; akhlak diri yang lebih baik dan ridlo Tuhan yang hakiki.

Jadi, kapan Anda berkunjung ke kota Lamongan? 😀